jenis stroberi dataran rendah

Jenis Stroberi Dataran Rendah, Cocok Ditanam di Rumah

Saya sudah lama ingin menanam stroberi di rumah. Tapi saya selalu tidak yakin, apakah nanti stroberi yang saya tanam bisa berbuah apa tidak. 

Setahu saya, stroberi itu baru bisa tumbuh baik jika ditanam di daerah dataran tinggi yang suhunya dingin. Sementara tempat tinggal saya ada di Madura, daerah dataran rendah yang super panas. 

Kini, keinginan tersebut sudah terwujud. Saya sudah menanam stroberi di rumah, dan Alhamdulillah sudah berbunga dan mulai muncul bakal buah. 

Kenapa akhirnya saya berani mencoba menanam stroberi di dataran rendah? Karena saya menemukan jenis stroberi yang katanya bisa tumbuh optimal di daerah panas.

Apa saja jenis stroberi dataran rendah tersebut? Mari kita bahas!

Syarat Tumbuh Tanaman Stroberi

Syarat tumbuh tanaman itu biasanya meliputi tiga hal, iklim atau cuaca, ketinggian tempat, dan media tanam. Lalu apa saja syarat tumbuh tanaman stroberi?

Mengutip dari buku berjudul Budidaya Stroberi yang diterbitkan oleh CV Pustaka Bengawan, stroberi membutuhkan tempat yang berada di ketinggian 1.000-1.500 mdpl (meter di atas permukaan laut). 

Kenapa sih harus di dataran tinggi? Sebab stroberi menghendaki suhu yang rendah, antara 17-20°C.   

Syarat tumbuh lainnya, stroberi membutuhkan penyinaran selama 8-10 jam setiap harinya, curah hujan 600-700 mm/tahun, dan kelembaban udara antara 60-90%. 

Terkait media tanam, stroberi dapat tumbuh baik pada media tanam tanah yang subur, gembur, mengandung banyak bahan organik, serta memiliki tata air dan udara yang baik. 

Mengacu pada syarat-syarat tumbuh tersebut, maka stroberi bukanlah buah yang cocok untuk dataran rendah. Karenanya, di Indonesia, sentra penanaman stroberi selalu berpusat di daerah-daerah dataran tinggi.

Kalau mau belajar menanam sayur baca di sini ya:

Jenis Stroberi Dataran Rendah

Dunia pertanian selalu berkembang dan akan terus berkembang. Salah satu bentuk dari perkembangan tersebut adalah hadirnya jenis-jenis tanaman baru yang unggul.

Buktinya, ya si stroberi ini. Dulu stroberi hanya tumbuh di daerah dataran tinggi. Kini sudah ada jenis stroberi yang cocok di dataran rendah.  

Nah, buat kamu yang tinggal di daerah dataran rendah seperti saya, tapi ingin menanam stroberi, berikut 2 jenis stroberi dataran rendah yang banyak direkomendasikan oleh petani stroberi! 

1. Stroberi California

strawberry california
Bentuk buah stroberi california

Dari namanya, sudah pasti bisa ditebak, ya? Stroberi ini berasal dari California, Amerika Serikat. Membaca informasi dari californiastrawberries.com, katanya ada ribuan hektar lahan stroberi di sepanjang pantai tengah California. 

Kemudian, 90% stroberi yang dibudidayakan di seluruh Amerika Serikat, merupakan stroberi jenis california ini. Apa keunggulan dari stroberi california?

Stroberi california memiliki buah yang relatif besar, rasanya manis, hasil panennya tinggi, umurnya genjah atau cepat berbuah, dan tahan terhadap serangan virus. 

Jadi, tidak aneh ya, jika stroberi california ini bisa tumbuh baik di daerah dataran rendah. Soalnya, di negara asalnya, lokasi pengembangan dan penanamannya saja ada di dekat pantai. 

2. Stroberi Mencir

strawberry mencir
Bentuk bua stroberi mencir

Stroberi mencir merupakan hasil persilangan dari stroberi festival (asal Florida) dan stroberi california. Inilah mungkin yang menjadi penyebab kenapa stroberi mencir cocok ditanam di dataran rendah. Ia masih membawa sifat-sifat dari stroberi california yang dapat tumbuh di daerah yang hangat. 

Untuk karakteristiknya, stroberi mencir memiliki daging buah dengan tekstur yang padat. Rasanya manis sedikit asam. Tipikal buah yang cocok untuk dikonsumsi secara langsung.

Keunggulan dari stroberi mencir adalah daya simpannya yang relatif cukup lama, yakni sekitar 5 hari. Kondisi ini memungkinkan stroberi mencir untuk dikirim ke daerah lain dengan durasi pengiriman satu hingga dua hari. 

Selain itu, stroberi mencir merupakan jenis stroberi yang paling adaptif, tahan terhadap jamur, dan kuat menghadapi penyakit busuk daun pada musim hujan. 

Kekurangannya? Bentuk buah stroberi mencir kurang sempurna. Yakni, tidak sepenuhnya berbentuk seperti hati sebagaimana jenis stroberi lainnya. 

Tapi apalah arti penampilan fisik, yang penting manis. Iya, kan?

Cerita Saya Menanam Stroberi di Rumah

strawberry dataran rendah
Kiri: Stroberi hidroponik sistem wick, Kanan: Stroberi di polybag

Awal mulanya, saya mencoba menanam stroberi dari benih atau biji, baik untuk stroberi mencir maupun stroberi california. Saya membeli benih-benih stroberi tersebut secara online. Sayangnya, tidak ada satu pun yang tumbuh. 

Saya kemudian merubah rencana, segera saya membeli bibit stroberi mencir dari Batu dan stroberi california dari Surabaya. Tentunya juga secara online. Stroberi mencir harganya Rp5.000 per bibit, sedangkan stroberi california harganya Rp4.000 per bibit. 

Harga ini tentu berbeda-beda, tergantung pada seller dan usia bibit. Tapi rata-rata ya segitu, tidak lebih dari Rp5.000,- per bibit. 

Cuma, setelah bibit-bibit stroberi tersebut saya tanam dan muncul bunga, saya akhirnya tahu jika saya mendapatkan jenis bibit yang tidak sesuai. Saya memesan bibit stroberi california, tapi yang datang sepertinya stroberi merlan.

Bagaimana saya bisa tahu? Bibit stroberi yang saya anggap stroberi california ternyata berbunga pink. Padahal setahu saya, stroberi california itu berbunga putih. Sedangkan stroberi yang berbunga pink adalah stroberi merlan.

Ok, mari lanjut. Saya menanam stroberi dengan dua metode, yakni menanam di polybag dan hidroponik sistem wick. Untuk stroberi di polybag, saya menggunakan pupuk NPK dan pupuk organik cair (POC) buatan saya sendiri. Kalau stroberi hidroponik saya menggunakan pupuk AB Mix khusus stroberi. 

Sejauh ini, semua stroberi yang saya tanam tumbuh dengan baik. Selang satu bulan sejak penanam bibit, stroberi saya mulai berbunga. Baik itu stroberi mencir, juga stroberi merlan. 

Dan Alhamdulillah-nya, sekarang sudah ada bunga yang telah berubah jadi buah stroberi kecil. Doakan semoga buah stroberi ini bertahan sampai masa masa panen, ya!

Untuk cara membuat POC, intip di sini:

Stroberi Dataran Rendah, Buahnya Kecil?

buah stroberi yang masih mudah
Buah stroberi saya di rumah yang masih kecil. Kiri: Stroberi mencir, Kanan: Stroberi Mencir

Saya belum tahu akan seperti apa ukuran buah stroberi yang saya tanam. Sebenarnya saya punya sedikit kekhawatiran, takut buahnya kecil. 

Ada satu artikel yang mengatakan, stroberi yang ditanam di dataran rendah cenderung memiliki ukuran buah yang lebih kecil dibanding ukuran normalnya. 

Alasannya, cuaca panas ternyata bisa membuat buah stroberi lebih cepat matang. Sementara buah stroberi belum mencapai ukuran maksimalnya. 

Hmmm… ya mari kita lihat saja. Kalaupun memang stroberi dataran rendah buahnya lebih kecil, semoga tidak kecil-kecil amat lah, ya! 

Penutup

Bagaimana? Makin tertarik untuk menanam stroberi di dataran rendah? Kalau iya, jangan lupa pilih jenis stroberi dataran rendah. 

Sejauh ini, stroberi yang banyak direkomendasikan untuk daerah dataran rendah adalah stroberi mencir dan stroberi california. Saya sudah mencoba menanam keduanya, Alhamdulillah sudah berbunga dan berbuah (tapi masih kecil). 

Selanjutnya, saya akan membahas tentang ciri-ciri stroberi mencir dan ciri-ciri stroberi california secara terpisah dan lebih lengkap. So, jangan lupa berkunjung kembali ke blog Luluksobari.com, ya!

Artikel ini cocok untuk teman atau saudaramu? Yuk, bagikan!

17 comments

  1. Ooh kalo buah stroberi cocoknya di dataran tinggi ya? Aku di Malang nih Kak. Pantes kalo di Malang dan Batu stroberinya tumbuh subur.
    Dulu pernah sih nanam stroberi sendiri di halaman rumah, tapi nunggu berbuahnya lamaa, wkwkkw. Pantes harga stroberi lumayan ya.

  2. wah aku baru tahu kalau stroberi ada jenis yang bisa ditanam di dataran rendah ya. apalagi kalau yang ukurannya besar dan rasanya manis. kumenunggu updatemua, mbak. tentang tanaman stroberinya nanti, hehe

  3. loh ternyata ada jenis stroberi yang bisa ditanam di dataran rendah juga ternyata. kirain cuma bisa di dataran tinggi saja, hehehe.. menarik juga kalo bisa punya kebun stroberi sendiri di halaman rumah.

  4. Jadi sekarang itu, suatu tanaman buah tidak terlalu berpatokan pada sesuatu ya Mbak. Contoh stroberi harus ditanam di daratan tinggi dan dingin. Karena sekarang stroberi bisa ditanam di daratan rendah dan berhawa panas juga.tinggal disesuaikan bibitnya saja. terus murah bibitnya juga.

  5. Aku juga nanam strawberry dari bijinya lumayan lama tapi seneng sama prosesnya nanti mau aku ganti ke media yang lebih gede aja. Biar cepat tumbuh besar.

  6. Kayaknya yang stroberi california ini yah asik ya untuk ditanam. Soalnya bisa tahan sama virus. Ditunggu bahasan lengkapnya nih kak tentang ciri-cirinya.

  7. Saya pernah punya tanaman keduanya. Pernah berbuah juga. Dan saya baru tahu kalo ternyata itu dua jenis stroberi yang berbeda.

  8. di rumah juga nanam strawberry tai ga berbuah-buah sepertinya memang keliru jenis yang ditanam ya mba, karena daerah saya sangat dingin bisa jadi jenisnya ga sesuai dengan iklimnya ya

  9. Aku juga pernah sih nanam stroberi di polybag tapi kenapa ya dia besar dan merah tp kecut kwwkkw keknya salah nanam jenis stroberinya deh aku mbaa

  10. Begitu baca judulnya, langsung excited dong, kalo ternya stroberi bisa di tanam di dataran rendah, haha.. Yah walo ternyata beda jenisnya.

  11. mantap banget mba bisa menanam stroberi di dataran rendah dan panas, apalagi nanem dengan menggunakan teknik hidroponik..pasti butuh effort besar biar stroberinya tetap tumbuh

  12. Aku kemarin sukses sampe berbuah 1x aja kak. Entah jenisnya apa tp ya bs merah sih. Krn bibitnya dikasih tetangga, dan udh tumbuh agak gede di polybag, jd aku disuruh ngerawat aja.

    Krn ingin cpt besar dan berbuah lebat, aku kasih micin tuh dlm setiap kocornya. Mgkn agak kebanyakan aku ngasihnya, stlh berbuah sekali, eh tanaman lgsg mati. Wkwk

    Entah apa penyebabnya. Entah krn kbnykn micin itu / krn lembab deh. Jd bnyk fungi yg bikin akar mati. Mau tanam lg dr awal kok ternyata bibitnya mayan jg ya hrgnya. Entar aku tny jg tetanggaku, dia dpt bibit apa dan brp hrgnya. Termasuk cara ngerawatnya yg baik dan benar.

  13. Pingiiin main ke rumah ka Luluuk..
    Rasanya seger banget liat buah stroberinya mulai numbuuh.. Aku belajar dari artikel ka Luluk hari ini bahwa gak boleh mudah putus asa. Kalau gagal, berarti kudu evaluasi dan mengubah caranya agar si tanaman mau tumbuh. Metodenya ada, tutorialnya ada, bibitnya tersedia.

    Mantap, kak Luluk.
    Haturnuhun.

  14. Jadi pengen punya pohon strawberry sendiri deh, tapi aku kurang suka kalau strawberrynya rasanya masam. Cuma kalau punya pohon strawberry tuh kayak lucu gitu, bisa metik strawberry di rumah.

  15. Ih senangnya bisa nanam sendiri stroberi ini, baru tau lhoo bisa ada yg di dataran rendah ya.. dulu identiknya di gunung2 gt hihi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *