pupuk cair organik terbaik untuk cabe

Rekomendasi Pupuk Organik Cair Terbaik untuk Cabe

Pupuk apa yang paling bagus untuk cabe? Mungkin kamu bisa mencoba 2 jenis pupuk organik cair terbaik untuk cabe yang akan saya rekomendasikan dalam artikel ini!

Meski sebenarnya tidak bisa dikatakan yang paling terbaik. Namun setidaknya, 2 pupuk organik cair (POC) tersebut sudah teruji keampuhannya. 

Satunya merupakan POC untuk tanaman cabe yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Satunya lagi adalah POC cabe siap pakai yang bisa kamu beli di Shopee.

Supaya tidak bingung dalam memilih, baca tulisan ini sampai akhir, yak!

POC Spesifik Cabe

Sebenarnya, unsur hara dan vitamin untuk tanaman cabe itu tidak berbeda jauh dengan tanaman hortikultura lainnya. Seperti tomat, terong, melon, atau mentimun. Semuanya sama-sama butuh unsur hara makro dan mikro. Dosisnya saja nanti yang berbeda. sedikit berbeda.

Jadi, kalau berbicara pupuk cair organik untuk cabe, bisa menggunakan POC yang secara umum diperuntukkan bagi tanaman hortikultura atau tanaman buah. Cuma, ada juga kok POC yang formulanya dikhususkan untuk tanaman cabe. Saya menyebutnya sebagai POC spesifik cabe. 

Terus, sebaiknya bagaimana? Pakai pupuk cair yang sama dengan tanaman hortikultura lainnya atau pakai POC spesifik cabe? 

Soal ini, jawabannya bisa beragam banget. Saran saya, sesuaikan dengan keinginan hati, budget, juga ketersedian bahan apabila membuat POC sendiri. 

Karena kamu membaca artikel ini, saya menebak kamu kayaknya pengen POC cabe yang spesifik. Betul atau tidak nih tebakan saya? Coba beritahu dii kolom komentar, ya!

Pupuk Organik Cair Terbaik untuk Cabe

2 pupuk organik cair terbaik untuk cabe yang akan saya rekomendasikan adalah POC yang spesifik khusus tanaman cabe. Langsung saja, mari kita bahas!

1. Pupuk Cair Cabe ala Jadam

Pertama, ada pupuk cair cabe ala Jadam. Ini adalah POC cabe yang bisa kamu buat sendiri di rumah dengan cara yang simpel dan bahan-bahan yang mudah didapat.  

Menurut teori Jadam, pupuk cair terbaik adalah pupuk cair yang terbuat dari buah tanaman itu sendiri. Konsepnya seperti ini, buah cabe mengandung nutrisi paling sempurna untuk tanaman cabe. Buah tomat mengandung nutrisi paling sempurna untuk tanaman tomat. Begitu pun dengan tanaman-tanaman yang lainnya. 

Karena itu, di Jadam, jika hendak membuat POC cabe, ya buat saja dari buah cabe. Baik menggunakan buah yang busuk, berpenyakit, kecil, dan jelek. 

Cara Membuat POC Cabe ala Jadam

Seperti yang saya katakan sebelumnya, cara membuat POC cabe ala Jadam sangatlah simpel dan mudah. Ini langkah-langkahnya!

  • Siapkan buah cabe, baik yang bagus maupun yang tidak bagus
  • Masukkan buah-buah cabe tersebut ke dalam toples, drum, atau wadah apapun yang memiliki tutup
  • Banyaknya buah cabe yang dibutuhkan adalah setengah dari ukuran wadah 
  • Tambahkan air dan tanah humus (leafmold)
  • Tutup rapat toples atau wadah POC dan letakkan di tempat yang teduh
  • Diamkan selama 3 bulan, tidak perlu ada pengadukan
pupuk cair organi untuk tanaman cabe
Ilustrasinya pakai buah stroberi ya, karena contoh yang saya dapatkan dari Youtube Jadam Organik hannya ada untuk tanaman stroberi dan tomat. Tapi secara prinsip, cara pembuatannya sama, kok.

Bau tidak sedap dan ulat adalah hal yang akan kamu temukan saat membuat pupuk organik cair terbaik untuk cabe dengan metode Jadam. Sebab, dalam Jadam memang lebih menekankan konsep pembusukan, bukan fermentasi.

Tapi tenang saja, asal wadah POC tertutup rapat, ulat tidak akan bisa pergi ke mana-mana dan bau busuk tidak akan terlalu menusuk hidung. Terutama setelah POC matang. Klaim ini berdasarkan pengalaman pribadi saya saat membuat POC rumput ala Jadam di rumah. 

Kamu tidak perlu terlalu benci dengan bau busuk dan ulat. Bau busuk menandakan bahwa POC yang kamu buat itu tinggi mineral dan protein. Sementara adanya ulat menandakan media POC yang kamu buat terbebas dari racun. 

Cara dan Dosis Aplikasi

Cara aplikasi POC cabe ala Jadam tidak berbeda jauh dengan POC lainnya. Encerkan POC cabe Jadam dengan air, perbandingan 1:20 sampai 1:50. Baru kemudian kocorkan ke media tanam di sekitar akar. 

Lakukan penyiraman pupuk pada pagi atau sore hari. Interval atau jarak waktu penyiraman antara 7-10 hari sekali. 

Penggunaan pupuk cair Jadam ini juga perlu kamu kombinasikan dengan pupuk JMS. Apa itu pupuk JMS? Pelajari di sini: Jadam Microbial Solution.

2. POC Cabe Infarm

Jika ingin POC cabe sendiri, kamu bisa membuat pupuk cair cabe ala Jadam. Tapi, jika ingin yang lebih praktis, kamu bisa membeli POC cabe siap pakai di pasaran. Rekomendasi dari saya, gunakan POC Infarm untuk tanaman cabe. 

Infarm adalah salah satu brand yang menyediakan berbagai kebutuhan berkebun. Termasuk salah satunya menyediakan POC tanaman cabe. 

kelebihan POC infarm tanaman cabe

POC Infarm Tanaman Cabe terbuat dari 100% bahan organik yang diformulasikan khusus untuk tanaman cabe. Salah satunya menggunakan urin hewan yang kaya unsur N (nitrogen). Kandungan N pada urin sapi dapat meningkatkan kadar capsaicin, zat aktif yang menciptakan rasa pedas pada buah cabe. 

Selain sebagai pupuk yang dapat melebatkan buah dan meningkatkan rasa pedas, POC cabe dari Infarm juga bisa kamu gunakan sebagai pestisida organik dan zat pengatur tumbuh (ZPT). 

Tempat Membeli POC Cabe Infarm 

Kamu bisa membeli POC Cabe Infarm melalui toko resmi Infarm di Shopee, klik link berikut untuk melakukan pemesanan: Infarm Official Shopee. Harganya Rp70.000 ribu untuk yang kemasan 500 ml dan Rp40.000 untuk yang kemasan 100 ml. 

Biasanya hampir selalu ada diskon besar-besaran, sehingga keduanya harganya bisa di bawah 50 ribu. POC Infarm cabe kemasan 500 ml menjadi Rp38.500 dan kemasan 100 ml menjadi Rp18.000. 

500 ml POC Infarm ini bisa untuk menutrisi 1000an tanaman, loh. Terhitung ekonomi dan terjangkau kan?. 

POC cabe

Cara dan Dosis Aplikasi 

Enaknya menggunakan POC siap pakai itu, untuk dosisnya tinggal mengikuti anjuran dari produsen. Bagaimana dengan POC Infarm Tanaman Cabe?

Larutkan POC cabe dengan air, dosisnya 2 pump POC untuk satu liter air. Siramkan ke media tanam secara merata 1 kali kali dalam seminggu. 

Kenapa dosisnya pakai ukuran pump? Ini menyesuaikan dengan bentuk kemasan dari POC Infar yang berupa kemasan botol pompa atau pump

Kesimpulan

Mungkin ada banyak rekomendasi pupuk cair organik terbaik untuk cabe. Tapi, jika kamu ingin pupuk cair yang memang khusus diformulasikan untuk tanaman cabe, kamu bisa menggunakan 2 jenis pupuk yang saya sebutkan dalam artikel ini.

Yakni POC cabe ala Jadam yang bisa kamu buat sendiri di rumah, sehingga dari segi biaya jauh lebih ekonomis. Kedua ada POC Infarm Tanaman Cabe yang merupakan produk POC siap pakai yang bisa kamu beli di Shopee. Harganya cukup terjangkau, saat ada diskon malah bisa turun harga di bawah 50 ribu. 

Silahkan pilih sesuai keinginan hati dan bugdet!

Artikel ini cocok untuk teman atau saudaramu? Yuk, bagikan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *