Program Fat Loss di Rumah dengan Memanfaatkan Internet, Efektifkah?

Program Fat Loss di Rumah – Suatu hari, tubuhku memberikan sinyal jika ia dalam keadaan tak baik-baik saja. Setiap bangun dari duduk dan tidur, pinggang serasa mau copot. Beberapa kali, paha kananku nyeri luar biasa. Dua keluhan ini berlangsung lebih dari satu bulan lamanya.

Kemudian kuingat-ingat, apa yang salah. Tak perlu berpikir lama, aku pun mengetahui jawabannya. Tubuhku sudah kegemukan karena pola makan yang buruk. Pipiku sudah tembem, perutku buncit, dan bajuku banyak yang mulai terasa kekecilan.

Rupanya benar, setelah menimbang badan, beratku sudah ada di angka 76,5 kg. Ada sedikit kekhawatiran jika kondisiku bisa makin parah, aku pun memutuskan untuk melakukan program fat loss di rumah.

Emang bisa? Bisa dong. Kan sudah ada internet. Ada banyak kemudahan yang internet berikan pada kehidupan manusia. Termasuk melakukan program fat loss di rumah secara mandiri.

Apa Itu Program Fat Loss?

Istilah yang lebih umum dikenal mungkin adalah diet, menguruskan badan atau mau menurunkan berat badan. Namun di sini aku lebih memilih istilah fat loss. Apa bedanya coba?

Orang yang sedang menguruskan badan memang sering dibilang sedang diet. Tak salah, cuma kurang spesifik ja.

Diet sendiri pengertiaannya adalah upaya mengatur pola makan sesuai kondisi atau kebutuhan tubuh. Jadi, siapapun sebenarnya bisa diet. Orang sehat dan orang kurus pun juga bisa diet kok.

Misal kamu kurus banget, kamu kemudian ingin lebih berisi. Kalau cuma ingin saja, mana bisa? Kamu perlu melakukan diet dalam rangka menambah berat badan.

Contoh lain, ada penderita diabetes. Maka orang tersebut harus diet gula karena gula tidak baik baginya.

Nah, kalau program fat loss itu apa? Program yang bertujuan untuk mengurangi persentase kadar lemak tubuh. Maka pola makan atau pola dietnya harus mengarah ke sana nanti.

Program Fat Loss di Rumah

Kenapa Harus Fat Loss?

Program fat loss sering disamakan dengan program weight loss. Padahal mah kembar tapi tak sama alias beda meski akhirnya sama-sama bikin kurus.

Program weight lost merupakan program yang tujuannya lebih kepada penurunan berat badan. Tak peduli apakah nanti yang turun itu lemak, massa otot, massa tulang, atau cairan tubuh. Yang penting angka timbangan terus turun, kalau bisa dengan cepat.

Saat fokus hanya ke berat badan, itu bisa memicu seseorang untuk melakukan diet secara ekstrim. Tidak makan nasi, tidak mengonsumsi garam, bahkan sampai ada yang sehari cuma makan ubi dan apel saja. Mindest-nya, makin sedikit makan, makin cepat kurus.

Berbeda kalau tujuannya mengurangi kadar lemak tubuh. Pada akhirnya nanti, kamu bakalan mau olahraga karena olahraga dapat membentuk otot dan otot adalah mesin pembakar lemak yang ampuh.

Pembentukan otot ini akan efektif jika didukung dengan pola makan yang sehat. Sehingga kamu juga akan terpacu untuk mengonsumsi makanan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Pastinya itu bukan bakso, bukan mie ayam, bukan fried chiken, bukan humberger, apalagi bala-bala. Namun itu adalah sayuran, kacang-kacangan, daging, telur, ayam, ikan, dan berbagai reel food lainnya.

Program weight loss

Pola Makan untuk Program Fat Loss

Untuk memahami pola makan yang tepat untuk program fat loss. Kamu perlu paham dulu apa itu kalori dan apa hubungannya dengan lemak tubuh.

Membahas kalori bisa bikin kamu puyeng. Eh, aku yang puyeng maksudnya. Karena itu, biar tidak menyesatkan, mari mengutip dari ners.unair.ac.id saja. Kalori adalah satuan atau nilai yang menunjukkan banyaknya jumlah energi yang diperoleh dari minuman dan makanan.

Setiap orang kebutuhan kalori hariannya berbeda-beda, tergantung pada usia, jenis kelamin, dan aktifitas. Untuk mengetahui berapa kebutuhan kalorimu, coba cek di www.calculator-online.net.

Terus apa hubungan kalori dengan lemak tubuh? Biar lebih mudah dalam menjawabnya, mari membuat perumpamaan.

Misal kebutuhan kalori harianmu adalah 1800 kalori. Jika kamu mengonsumsi makanan yang jumlah kalori totalnya sampai 2000 kalori. Maka yang terjadi adalah 200 kalori sisanya akan disimpan oleh tubuhmu sebagai lemak tubuh.

Lemak tubuh ini tak selalu buruk. Ia berfungsi sebagai cadangan makanan, melindungi organ tubuh bagian dalam, dan menjaga suhu tubuh agar tetap hangat. Cuma kalau kadarnya melebihi batas normal tidak baik juga untuk kesehatan, bisa menyebabkan obesitas dan penyakit jantung.

Jadi ingat, ya! Lemak tubuh bukan berasal dari lemak makanan seperti daging atau minyak goreng. Tapi berasal dari kelebihan kalori yang kita konsumsi setiap harinya.

Karena itu, pola makan untuk program fat loss bisa kamu lakukan dengan cara defisit kalori. Yakni mengurangi jumlah asupan kalori di bawah kebutuhan harian.

Rumus defisit kalori

Saat ini, kebutuhan kalori harianku sebesar 2000 kalori. Selama program fat loss berlangsung, aku mengonsumsi makanan dengan jumlah kalori 1500 saja. Harapannya, 500 kalori kurangnya agar diambil dari lemak tubuh. Namun perlu berhati-hati, defisit kalori ini tak bisa kamu lakukan secara sembarangan.

Pertama, jumlah kalori per hari yang boleh kita kurangi antara 300-500 kalori saja. Apabila terjadi pengurangan jumlah kalori secara ekstrim. Nantinya bukan hanya lemak tubuh yang berkurang. Massa otot dan massa tulang juga bisa ikut berkurang. Secara jangka panjang ini tidak baik.

Kedua, saat melakukan kalori defisit kamu tetap harus memperhatikan angka kecukupan gizi. Dengan kata lain zat gizi makro dan zat gizi mikro tubuh harus tetap terpenuhi. Zat gizi makro meliputi protein, lemak, dan karbohidrat. Zat gizi mikro vitamin dan mineral.

Konsepnya memang bukan cuma mengurangi kalori, tapi juga harus mengubah kebiasaan makan yang buruk.

Olahraga Sebagai Pendukung Program Fat Loss

Emang sih, olahraga itu menyusahkan. Bikin badan sakit di awal-awal, capek sampai ngos-ngosan, berkeringat pula. Males jadinya untuk olahraga. Dulu aku juga berpikir begitu, tapi tidak lagi setelah tahu dan merasakan sendiri manfaat dari olahraga.

Ada banyak manfaat olahraga bagi tubuh. Antara lain menyehatkan jantung, menambah kapasitas paru-paru, meregenerasi sel tulang, menjaga kadar gula darah, dan meningkatkan massa otot. Makanya orang yang rutin berolahraga biasanya tubuhnya lebih bugar, sehat, kuat, dan tidak mudah lelah.

Manfaat olahraga

Berkaitan dengan program fat loss, olahraga dapat membantu meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh. Seperti yang sempat aku singgung sebelumnya, salah satu manfaat olahraga dapat menambah massa otot.

Ketika massa otot bertambah artinya laju metabolisme tubuh juga bertambah. Saat laju metabolisme bertambah, tingkat pembakaran kalori dalam tumbuh semakin tinggi. Makanya otot seringkali disebut sebagai mesin pembakar lemak yang ampuh.

Tak usah membayangkan ototmu akan jadi seperti binaragawan kalau berolahraga. Ketahuilah, memiliki otot seperti mereka itu susahnya minta ampun terutama bagi perempuan.

So, mari ubah cara pandangmu pada olahraga. Semangatnya tak boleh hanya untuk menguruskan badan, tapi juga untuk menjaga kesehatan.

Aku sendiri sudah merasakan manfaat dari olahraga. Sudah 26 hari ini aku rutin berolahraga, alhamdulillah sakit pinggang dan nyeri di paha sudah hilang. Tubuhku juga terasa lebih enteng dan lebih kuat.

Program Fat Loss di Rumah

Sebelum lanjut, aku mau memberitahu kondisi awalku ketika memulai program fat loss. Berat badanku 76.5 kg dengan tinggi 149 cm. Aku punya kelebihan berat badan sekitar 20-26 kg. Banyak banget kan?

Tubuhku juga menunjukkan beberapa keluhan seperti pinggang yang sakit dan paha seringkali mengalami nyeri. Aku juga tak punya riwayat penyakit berat dan sedang tidak berada dalam kondisi khusus tertentu. Misal baru saja operasi dan sebagainya.

Kenapa aku harus memberitahukan hal ini? Setiap orang itu kondisinya berbeda-beda. Bisa jadi program fat loss yang yang aku jalani tidak cocok dengan tubuhmu karena kondisi yang berbeda.

Karena itu, tulisanku ini sifatnya hanya berbagi pengalaman. Jika kondisi badanmu mirip dengan kondisi badanku. Maka kamu bisa menjadikan apa yang aku lakukan sebagai inspirasi.

Sebelum melakukan diet apapun, termasuk diet fat loss, baiknya kamu berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk memastikan apakah tubuhmu aman jika melakukan diet.

Cuma aku paham, tak semua orang bisa pergi menemui dokter ahli gizi bukan? Aku salah satunya. Selain tak memiliki cukup uang, aku juga tinggal di desa. Pelayanan medis terdekat hanyalah Puskesmas. Terus gimana?

Aku tetap melakukan program fat loss di rumah dengan memanfaatkan internet. Namun aku melakukannya dengan hati-hati dan secara masuk akal. Tak mengurangi kalori secara ekstrim, terus berlatih untuk memenuhi kebutuhan zat gizi atau nutrisi, serta mengikuti olahraga di Youtube dari fitnes trainer yang sudah tersertifikasi.

Bicara program fat loss di rumah dengan bantuan internet sebenarnya ada 2 cara. Pertama, mengikuti program fat loss online berbayar. Kedua, melakukan program fat loss secara mandiri.

#1 Program Fat Loss Online Berbayar

Internet yang semakin berkembang telah memberikan banyak kemudahan bagi kehidupan manusia. Banyak hal yang dulu harus dilakukan secara tatap muka, sekarang bisa dilakukan secara online.

Kursus online, workshop online, sekolah online, bimbingan online, termasuk salah satunya program fat loss online. Makanya, di luaran sana banyak nutrisionist dan fitnes trainer yang sudah tersertifikasi merancang program fat loss online yang bisa kamu ikuti dari rumah.

Tentunya berbayar, tapi menurutku biayanya terbilang cukup terjangkau. Hanya 500 ribuan untuk durasi coaching selama 6 bulan dan 1 jutaan untuk durasi coaching selama setahun. Yah, meski bagiku harga ini belum bisa kujangkau. 😁

Namun, kalau kamu ada cukup uang sebaiknya kamu memilih cara ini. Keuntungannnya, program fat loss yang kamu jalani jadi lebih terarah karena ada bimbingan dari ahlinya. Kamu juga bisa dapat komunitas serta mendapatkan rekomendasi cara membuat menu diet dengan mudah.

Lantas, bagaimana cara menemukan program fat loss online berbayar yang tepat? Kamu bisa mencarinya melalui internet pastinya. Biasanya program fat loss online ini punya website yang memberikan informasi secara lengkap pada calon pelanggan. Di sana kamu juga bisa mempertimbangkan testimoni yang ada.

#2 Program Fat Loss di Rumah secara Mandiri

Buat kamu yang senasib denganku. Kantong sering kering, uang hanya cukup untuk makan 3 kali sehari. Kamu bisa mencoba melakukan program fat loss di rumah secara mandiri.

Hanya saja, tolong kamu ingat kembali. Perhatikan kesehatan tubuhmu dan bangun mindset yang benar. Jangan ekstrim dan tetap penuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Effort yang harus kamu keluarkan bisa jadi harus lebih besar (di luar urusan materi tentunya). Kamu mesti banyak belajar soal kalori, soal olahraga, soal metabolisme tubuh, soal bahan makanan, juga soal nutrisi.

Bagaimana cara belajarnya? Manfaatkan internet lagi, baca buku di iPusnas, baca artikel di blog, tonton video di Youtube tentang program fat loss atau diet yang sehat.

Aku dari awal selalu menekankan pada diri sendiri, program fat loss yang aku jalani harus yang paling aman, paling masuk akal, dan paling sesuai dengan kondisiku.

Sesuai pengalamanku sejauh ini, diet yang aman menurutku adalah diet yang tidak mengurangi kalori secara ekstrim dan tetap memperhatikan angka kecukupan gizi (AKG).

Sementara diet yang cocok untukku adalah diet yang tak banyak pantangannya. Terutama pantangan makan nasi putih dan garam.

Program Fatloss yang aman

Manfaat Internet untuk Program Fat Loss di Rumah

Sejauh ini, aku sangat mengandalkan internet dalam menjalani program fat loss di rumah. Mulai dari olahraga, membuat makanan, membangun mindset, dan menggunakan berbagai macam tools.

Berikut cerita lebih lengkapnya terkait apa saja manfaat internet yang aku rasakan selama program fat loss di rumah.

#1 Menggunakan Aplikasi Penghitung Kalori Makanan

Jujur saja, sampai saat ini aku masih terus belajar supaya bisa melakukan defisit kalori dengan benar. Untungnya ada aplikasi penghitung kalori yang bisa aku manfaatkan. Ada dua yang kukenal, FatSecret dan GGL. Keduanya pernah saya coba dan cara pakainya hampir sama.

Aplikasi ini aku gunakan untuk membantuku dalam mengontrol kalori defisit. Caranya, aku tinggal memasukkan apa saja yang aku makan ke kolom yang tersedia. Misal 100 gram tahu kukus, 50 gram wortel, atau 200 gram nasi putih. Nantinya, total kalori yang aku konsumsi selama sehari akan dijumlahkan secara otomatis.

Daftar makanannya juga cukup lengkap. Bahkan makanan tinggi kalori pun ada, seperti gorengan, semangkok bakso, mie instan buldak Korea, dan satu buah tahu isi.

Tak sekedar menghitung kalori. Aplikasi ini juga membantuku untuk mengevaluasi menu makanku melalui ringkasan yang diberikan. Apakah sudah memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh secara lengkap atau tidak.

Aktifitas menghitung kalori memang sedikit merepotkan, sih. Sebab aku harus menimbang semua makan yang akan aku makan. Namun ini untuk di awal saja, kalau nanti aku terbiasa dan hafal apa dan seberapa banyak yang harus aku makan. Aplikasi ini tak perlu lagi aku gunakan setiap hari.

Aplikasi penghitung kalori

#2 Menggunakan Kalkulator Online

Selama menjalankan program fat loss, terkadang aku membutuhkan kalkulator online untuk mengukur kebutuhan kalori, kadar lemak, dan BMI (Body Mess Indeks) atau indeks massa tubuh.

Angka BMI dapat menunjukkan padaku apakah berat badanku masuk kategori sehat atau tidak. Sebenarnya ada rumusnya, cuma seringkali terlupakan.

Untuk mengetahui kadar lemak tubuh juga ada alatnya. Mirip seperti timbangan. Kamu cukup berdiri di atasnya, maka jumlah lemak tubuhmu akan langsung teranalisa. Alat ini bisa dibeli secara online cuma harganya lumayan.

Karena itu, menggunakan kalkultor online merupakan alternatif paling tepat untukku. Mudah, praktis, dan gratis selama internet tersedia.

Ada dua kalkulator online yang sering aku pakai, www.calculator-online.net atau www.calculator.net.

#3 Mengikuti Program Cardio di Youtube

Terkait olahraga ini aku minta maaf sedari awal. Aku tak bisa memberikan penjelasan lebih jauh. Ada banyak hal yang aku sendiri masih harus belajar supaya makin paham olahraga apa yang cocok untuk program fat loss.

Namun di sini aku mau berbagi pengalaman. Untuk menemani program fat loss-ku, aku mengikuti program cardio 30 hari di rumah dari Dien dan Mey Limano. Program ini gratis karena bisa diakses via Youtube.

Dien dan Mey merupakan pasangan suami istri yang kompeten untuk membahas soal nutrisi dan olahraga. Keduanya adalah personal trainer yang telah tersertifikasi. Info ini saya dapatkan dari bagian deskripsi di kanal Youtube keduanya.

Hal tersebut menjadi alasan bagiku kenapa mau mengikuti program cardio yang mereka buat. Benar saja, latihan yang mereka berikan bertahap. Gerakan dimulai dari yang mudah, semakin hari gerakan semakin banyak dan susah. Namun tubuh kita tidak akan merasa kesulitan karena sudah terbiasa.

Jika kamu tertarik untuk mengikuti program cardio dari Dien dan Mey ini. Aku mau kembali memberikan warning. Melakukan olahraga apapun harus kamu sesuaikan dengan kemampuan fisikmu. Jika kamu tidak kuat, jangan memaksakan diri. Carilah program olahraga lain yang lebih ringan.

Olahraga di rumah bagiku terasa lebih nyaman. Aku bisa melakukannya di kamar tanpa harus terlihat siapapun. Yah, aku masih takut diolok-olok jika ketahuan sedang olahraga.

Lagi-lagi karena internet aku terbantu dalam melakukan program fat loss. Bayangkan saja, di desa mana ada gym dan kelas aerobik? Untung ada internet, jadi aku bisa mengakses Youtube. 😁

Tips olahraga di rumah

#4 Mencari Inspirasi Menu Makanan

Bagiku, mengatur menu makan untuk program fat loss itu cukup sulit. Pada dasarnya aku bukan orang yang pintar masak. Apalagi jika harus membuat aneka kreasi makanan sehat.

Aku bisanya paling cuma bikin sayur sop, tumisan kangkung, sayur bayam, dan sayur asem. Tapi kalau sayurnya itu-itu saja, aku juga bosan sih. Untuk lauk pauk paling sering aku goreng saja.

Kalau sudah bingung harus masak apa lagi, aku biasanya mencari berbagai menu khusus untuk diet di internet. Namun aku tetap memilih menu yang sesuai dengan seleraku. Aku cenderung tidak suka makanan manis dan lebih suka makanan gurih.

#5 Membangun Motivasi dan Mindset yang Benar

Memahami soal nutrisi dan pentingnya olahraga mungkin mudah, tapi membentuk mindset dan motivasi yang benar sedikit sulit. Aku sendiri mengalaminya.

Terkadang aku sadar jika diet itu tidak boleh menginginkan hasil yang cepat. Bukan juga hanya sekedar mengurangi makan. Penting menjadikan pola makan sehat sebagai lifestyle. Olahraga harus tetap berlanjut meski program fat lossnya sudah selesai.

Namun, kesadaran ini seperti matahari, terbit tenggelam. Bagaimana menjaganya? Selain memperkuat motivasi dari dalam, yakni melakukan program fat loss dengan alasan ingin sehat. Aku kerap menonton ulang video terkait program fat loss yang benar sebagai pengingat.

Internetnya Indonesia, IndiHome Jawabannya

Bicara internet, Indonesia jug punya Internet Service Provider (ISP) yang cukup andal. Hampir semua orang di Indonesia mengenalnya karena memang layanannya merata di seluruh Negeri ini.

Yap, yang aku maksud adalah IndiHome. Layanan digital yang menyediakan internet rumahan. Jaringan internet dari IndiHome tersambung melalui kabel fiber optik. Kabel ini terdiri dari ribuan helai serat kaca dengan ketebalan 120 mikrometer yang lebih tipis dari rambut manusia.

Panjang kabel fiber optik milik IndiHome sepanjang 169.833 km pada akhir Juni 2021. Panjang ini setara dengan 4 kali keliling bumi. Kabel-kabel ini ditanam di bawah tanah dan di bawah laut mengalirkan internet ke berbagai pulau di Indonesia.

Jaringan internet yang menggunakan teknologi kabel fiber optik punya banyak kelebihan karena memanfaatkan gelombang cahaya. Transmisi datanya super cepat sampai 1 GB/detik. Tahan terhadap suhu dan cuaca serta gelombang elektromagentik sehingga lebih stabil.

Kabel tahan karat dan tak memiliki resiko konsleting listrik. Paling penting, biaya layananya lebih murah karena tak membutuhkan perangkat khusus.

Jadi tak perlu ragu jika kamu mau menggunakan layanan internet dari IndiHome di rumah, ya!

#1 IndiHome, Bagian dari Telkom Indonesia

IndiHome sendiri merupakan bagian dari PT Telkom Indonesia. Salah satu BUMN yang bergerak di bidang jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi.

Telkom Indonesia terbilang sebagai salah satu BUMN yang sukses. Mengutip informasi dari cbcindonesia.com, aku menemukan fakta yang membanggakan.

Pada kuartal pertama tahun 2022, Telkom mencatat laba bersih sebesar Rp 6,12 triliun. Pendapatan totalnya Rp 35,2 triliun di mana Rp 6,9 trilliun disumbangkan oleh IndiHome.

Bagaimana? Ikut bangga kan pada Telkom dan IndiHome?

Prestasi telkom

#2 Keunggulan IndiHome

Jaringan internet dari IndiHome sangat cepat dan stabil karena menggunakan kabel fiber optik. Tersedia pilihan paket kecepatan internet mulai dari 10 Mbps sampai 300 Mbps.

Internet yang kuat dan stabil tentu akan menguntungkan pelanggan. Segala aktifitas di rumah yang berkaitan dengan internet bisa berjalan tanpa hambatan. Entah itu bekerja, belanja online, sekolah, streaming film, bermain game, bahkan olahraga.

IndiHome juga sering memberikan berbagai jenis promo spesial. Apa saja promo yang mereka berikan bisa kamu pantau di website resmi IndiHome.

Layanan IndiHome juga tak sebatas menyediakan jaringan internet saja, tapi ada juga TV interaktif dan telepon rumah. Karena itu, pilihan paket di IndiHome itu ada dua, paket 2P dan 3P.

2P artinya paket layanan internet dengan TV interaktif atau internet dengan telepon rumah. 3P artinya paket layanan internet, TV interaktif, dan telepoh rumah.

Tunggu apalagi? Segeralah berlangganan IndiHome untuk aktifitas tanpa batas dan pilihlah paket yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Keunggulan IndiHome

Pengalaman Pribadi Program Fat Loss dengan Memanfaatkan Internet

Aku memulai program fat loss pada 13 Juni 2022. Sementara tulisan ini rampung aku buat pada 10 Juli 2022. Bertepatan dengan Iduladha 1443 H. Artinya aku sudah menjalankan program ini selama kurang lebih 26 hari.

Program fat loss-ku belum sempurna betul. Aku masih punya PR terkait pemenuhan nutrisi tubuh. Meski begitu, sejauh ini aku sudah merasakan banyak perubahan.

Pertama, keluhan sakit pinggang dan nyeri di paha sudah hilang. Kedua, tubuhku terasa lebih enteng dan lebih kuat. Ketiga, bajuku mulai terasa longgar kembali.

Berat badanku saat ini sudah di angka 73,2 kg yang artinya ada pengurangan sebanyak 3 kg. Lingkar badanku juga mulai mengecil perlahan, terutama di bagian perut. Awal memulai program, perutku (lurus pusar) lingkarnya sebesar 98 cm. Sekarang menjadi 93 cm, berkurang sebanyak 5 cm.

Sebagai bukti, yuk lihat progresku melalui foto before and after berikut!

Progres diet

Efektifkah menjalani program fat loss di rumah dengan memanfaatkan internet? Berdasarkan pengalaman hampir sebulanan ini, menurutku efektif. Meski progresku lambat, setidaknya tetap menunjukkan perubahan.

Setelah melihat hasilku, apakah kamu jadi tertarik untuk melakukan hal yang sama? Kalau iya, jadikan apa yang aku tulis ini sebagai pintu pembuka bagimu dalam memahami program fat loss yang benar.

Selanjutnya, kamu perlu menambah pemahamamu secara mandiri. Seperti diet jenis lainnya, program fat loss itu ada ilmunya.

Saat ini kamu bisa mempelajari banyak hal melalui internet. Nah, kalau soal urusan internet rumahan, percayakan pada IndiHome.

Spread the love

One comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.