Cara Memulai Diet yang Benar

Tips Sederhana Cara Memulai Diet yang Benar untuk Orang Gemuk

Cara Memulai Diet yang Benar – Punya tubuh dengan BB ideal? Siapa yang tidak mau. Saya ja mau, karena kebetulan BB saya kelebihan 30 kg.

Jalan satu-satunya, jika saya ingin langsing, ya harus diet. Namun perlu hati-hati. Jangan sampai diet sembarangan.

9 hari ini, saya sedang menjalani program diet. Sebagai orang yang sudah sering banget melakukan berbagai macam diet. Saya akhirnya punya tips sederhana tentang cara memulai diet yang benar dan mudah.

Karena itu, izinkan saya untuk memberitahukannya padamu. Bukakankah kita berada di jalan yang sama? Sama-sama ingin diet tapi dengan cara yang benar.

Apa Itu Diet?

Diet, kata ini sebenarnya sudah tak asing lagi. Cuma, apakah kamu paham betul pengertian dari diet?

Jangan-jangan pemahamanmu masih sama nih dengan orang kebanyakan. Menganggap diet sebagai upaya mengurangi porsi makan agar tubuh jadi kurus.

Kata diet sendiri berasal dari kata diaita (Yunani) yang artinya cara atau pola hidup. Kalau menurut ilmu medis, diet merupakan pengaturan pola makan yang biasanya disesuaikan dengan kebutuhan orang yang menjalani diet.

Misal orang terkena diabetes melitus. Maka dia harus menjalani diet khusus untuk penderita diabetes.

Jadi, diet itu bukan hanya untuk orang-orang gemuk yang bertujuan langsing. Orang kurus yang ingin tubuhnya lebih berisi juga bisa diet. Dietnya tentu diet khusus menambah berat badan.

Diet juga bukan hanya untuk orang sakit, loh. Yang sehat juga bisa diet dengan tujuan agar asupan nutrisi dapat terkontrol. Sehingga tubuh selalu sehat.

Cara Memulai Diet yang Benar untuk Orang Gemuk

Nah, sekarang kamu sudah paham apa itu diet. Ini merupakan langkah awal untuk memulai diet dengan benar.

Selebihnya silahkan simak tips sederhana cara memulai diet yang benar khusus orang-orang gemuk seperti kamu dan saya.

#1 Rubah Pola Pikir

Dulu saya selalu bertanya-tanya, kenapa orang lain bisa berhasil menjalankan diet dan saya tidak? Setelah berkali-kali gagal dan melakukan evaluasi. Akhirnya saya paham, pola pikirlah penyebabnya.

Sebab itu, sebelum memulai diet, kamu perlu banget merubah banyak pola pikir. Pertama, soal arti diet. Pahami betul jika diet itu adalah tentang pengaturan pola makan dan cara hidup. Bukan sekedar mengurangi porsi makan.

Dan untuk orang gemuk, maka dietnya adalah pengaturan pola makan yang dapat membantu menguruskan badan hingga ke BB ideal.

Selanjutnya, pola pikir baru yang harus kamu bentuk adalah diet itu adalah membangun kebiasaan sehat. Karenanya kamu perlu berproses, harus sabar, dan terkadang harus melawan rasa malas.

Jangan pula berpikir diet hanya sementara. Jika BB sudah kembali normal jadi bisa kembali ke pola hidup sembarangan. Diet itu harus selamanya.

Semoga dengan pola pikir seperti ini kamu jadi siap untuk melakukan diet penurunan berat badan.

#2 Buat Tujuan yang Benar

Adanya tujuan yang benar itu penting supaya kita bisa menggali motivasi dari dalam diri. Memangnga tujuan yang tidak benar seperti apa?

Hanya ingin kurus saja, sehingga segala hal dilakukan, misal diet ekstrim dengan mengurangi porsi makan secara drastis.

Memangnya tidak boleh ingin kurus? Boleh, sangat boleh. Tapi jangan sampai mendominasi. Jika tujuan diet hanya ingin kurus biasanya semangat dietnya jadi cepat kendor di tengah jalan. Saya sudah mengalaminya berulang kali.

Coba sekali-kali berpikir tentang kesehatan. Saya sendiri pun sekarang begitu. Mengingat umur yang udah di atas kepala 3 dan belum menikah. Badan juga sudah tidak sefit dulu saat usia masih 20-an.

Sementara, bisa jadi saya punya anak baru di usia 34 atau 35. Tidak kebayang jika di usia 40-an saya sudah sakit-sakitan. Kasihan anak saya, pastinya dia masih kecil.

Tujuan ini ternyata lebih memotivasi. Saya bahkan sudah siap jika say harus diet selamanya. Dan seharusnya memang begitu karena saya ingin sehat sampai jadi nenek-nenek jika masih diberi umur oleh Yang Maha Kuasa. Aamiin.

Baca Juga: 6 Kesalahan Saat Diet

#3 Pilih Metode Diet yang Tepat

Penyakit orang yang ingin diet adalah tergiur dengan hasil cepat. Pengen seminggu turun 10 kg. Meski mungkin-mungkin saja, gak kebayang aja dietnya harus seekstrim apa.

Diet apa yang tepat? Pertanyaan ini tidak sederhana jawabannya mengingat setiap orang punya kebutuhan berbeda. Paling bener dalam memilih metode diet ya dalam bimbingan dokter.

Namun, tidak semua orang bisa ke dokter. Saya saja tidak punya cukup uang untuk melakukan hal tersebut. Maka jalan terbaiknya adalah memilih diet yang palin aman.

Untuk orang gemuk dietnya harus yang kalori defisit, tapi tidak boleh sembarangan kalori defisit, ya. Kamu juga perlu memperhatikan makanan yang kamu konsumsi. Harus mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh supaya kamu tidak kelaparan.

Ingat! Kalori defisit itu gak harus lapar.

Baca Juga: Kategori Tips Menulis

#4 Pahami Cara Mengurangi Kalori Defisit yang Benar

Kalori defisit itu ada ilmunya. Saya mungkin tidak akan membahas caranya di sini. Soalnya saya juga masih belajar dan masih praktik-praktik.

Cuma saya sangat menyarankan supaya kamu mempelajarinya. Saya rekomendasikan diet GGL (Gak Gendut Lagi).

Diet GGL ini dikembangkan oleh pasangan suami istri, Dien Milano dan Mey Milano. GGL juga menganut diet kalori defisit jika untuk penurunan BB.

Bagaimana melakukan kalori defisit yang benar? Kamu bisa belajar pada mereka berdua melalui kanal youtube mereka atau blog ggl.life.

Youtube Chanel Dien and Mey

Sejauh ini saya cocok dengan diet GGL. Saya pernah mencobanya dan berhasil. Sayangnya saya tidak konsisten. Makanya saya sekarang sedang mencobanya lagi.

Baca Juga: Kategori Memoar

#5 Buang Rasa Malu

Saya sendiri dulu kalau diet diem-diem. Malu dan takut akan berbagai kometar orang. Ternyata menyampaikan kalau kita sedang diet penurunan BB pada teman, saudara, dan orang-orang terdekat lainnya itu harus.

Misal mereka ngajak jalan atau ngajak ngumpul, mereka jadi paham kenapa kita tiba-tiba mengurangi nyemil. Mereka juga bakalan berpikir dua kali untuk membagi makanan tinggi kalori yang tidak bagus untuk orang diet.

#6 Bertekad Membangun Kebiasaan Baru

Diet itu berat, sudah pasti. Tidak ada yang namanya diet enak, terutama di awal-awal. Gimana tidak berat, la wong kita sedang mulai mengubah kebiasaan buruk.

Biasanya pagi leha-leha, pas diet harus olahraga. Mana keringatan dan ngos-ngosan. Makan bakso, mie ayam, minuman manis, sosis, dan makanan olahannya lainnnya jadi harus dikurangi banget.

Solusi Menghadapinya? Ya harus membulatkan tekad. Terima dan jalani jika diet itu memang berat. Tapi jika niat dan motivasi sudah benar, Insyaallah kamu akan bisa melewatinya.

Cara memulai diet yang benar memang dengan menyiapkan diri secara mental. Pola pikir, niat dan tujuan, serta motivasi harus kuat.

Jika semua itu sudah kamu miliki, maka kamu bisa melanjutkan ke persiapan selanjutnya terkait hal-hal teknis.

Spread the love

3 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.