Resep bola ikan keju

Bola Ikan Keju, Kreasi KRAFT Quick Melt Super Yummy dan Bergizi

Bola Ikan Keju – Hai Bestie! Akhir pekanmu ngapain? Kalau saya lagi nginep di rumah temen, nih. Temen saya namanya Yuni. Rumahnya ada di daerah pesisir utara Madura. Kalau lagi bosen di rumah, saya memang sering main ke Yuni. Alasannya karena saya bisa pergi ke pantai secara gratis.

Kunjungan saya kali ini waktunya tepat banget. Beberapa bulan terakhir ini, cuaca di Madura lagi bagus. Para nelayan jadi bisa melaut dengan aman. Kalau nelayan bisa melaut, artinya di rumah Yuni lagi musim ikan.

Makanya, selain minta dibawa ke pantai dan tempat pengolahan ikan kering. Saya juga mengajak Yuni untuk membuat kreasi olahan ikan dengan keju KRAFT Quick Melt. Biar kebersamaan kami makin seru. Apa yang kami masak? Berikut cerita lengkapnya.

Bola Ikan Keju Super Yummy dan Bergizi

Sama kayak buah, ikan juga musim-musiman, loh. Kadang musim tongkol, kadang musim teri medan. Nah, kalau sekarang, di kampungnya Yuni lagi musim ikan layang. Hayo, tau nggak bentuknya ikan layang itu seperti apa?

Ikan ini tuh mudah ditemui di Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya. Kalau orang Jawa Timuran, termasuk Madura, biasa menyebutnya pindang. Kalau orang Jakarta dan Jawa Barat biasanya bilang ikan cue. Biar makin ingat, lihat gambar di bawah, ya!

Ikan layang
Ini adalah ikan layang yang baru ditangkap dari laut. Terlihat segar sekali, kan?

Setelah mencari berbagai menu di Youtube. Saya dan Yuni akhirnya memutuskan untuk membuat bola ikan keju. Ikannya pakai ikan layang, karena itu yang tersedia. Kejunya pakai KRAFT Quick Melt. Menu yang kami buat pastinya super yummy dan bergizi.

Mengutip dari Nilaigizi.com, berikut adalah nilai gizi atau nutrisi yang terdapat dalam 100 gr ikan layang segar.

Zat GiziNilai
Protein22 gr
Lemak1,7 gr
Kalium50 mg
Fosfor150 mg
Besi2 mg
Vitamin B10,05 gr
Vitamin A45 mcg
Nilai zat gizi (nutrisi) dalam 100 gr ikan layan segar

Berdasarkan informasi dari tabel di atas. Dapat disimpulkan jika ikan layang merupakan salah satu sumber protein yang tinggi. Begitu juga dengan kandungan fosfor, zat besi, dan kaliumnya. Meski nilai ketiganya dalam bentuk miligram. Tapi, jika dibandingkan dengan kebutuhan tubuh, nilainya terbilang tinggi juga, loh.

Kenapa Memilih KRAFT Quick Melt?

Selain ingin membuat bola ikan keju yang super bergizi. Saya dan Yuni juga ingin membuat bola ikan keju yang super enak. Karena itulah kami memilih keju KRAFT Quick Melt. Tau sendiri, kan? KRAFT adalah produk keju terbaik di Indonesia. Kualitas dan rasanya sudah tak perlu diragukan.

Untuk KRAFT Quick Melt sendiri punya 3 kelebihan utama. Apa saja?

  1. Keju KRAFT Quick Melt merupakan jenis keju cheddar. Sesuai dengan namanya, keju ini dapat meleleh dengan cepat, yakni hanya dalam 3 menit saja.
  2. Bertekstur sempurna. Pokoknya, keju KRAFT Quick Melt ini, kalau sudah dilelehkan teksturnya sangat lembut, halus, dan tidak terlalu encer.
  3. Memiliki rasa lezat dan gurih keju yang khas. Dengan keju KRAFT Quick Melt. Ikan layang yang biasanya hanya digoreng sederhana bisa berubah menjadi cemilan yang lezat dan mewah.

Itu adalah 3 keunggulan dari segi tekstur dan rasanya. Sekarang, mari kita lihat informasi nilai gizinya yang tertera pada bagian atas kemasan.

Ternyata, keju KRAFT juga memiliki nilai gizi yang baik. Ada protein, lemak, karbohidrat, dan natrium. So, tidak berlebihan bukan? Jika saya menyebut bola ikan keju yang saya buat bersama Yuni, super yummy dan bergizi.

KRAFT Quick Melt

Resep Bola Ikan Keju dengan KRAFT Quick Melt

Cara membuat bola ikan keju sangat gampang. Bahan-bahanya bisa kita dapat dengan mudah. Di minimarket dan warung terdekat pasti tersedia. Cara pembuatannya juga tidak ribet dan bisa memakai alat seadanya di rumah.

Selengkapanya, berikut bahan-bahan dan cara pembuatan bola ikan keju.

#1 Bahan-Bahan

  • Ikan layang segar 20 ekor
  • Kentang rebus 100 gr
  • Keju KRAFT Quick Melt
  • Tepung roti secukupnya
  • Terigu 3 sdm
  • Garam ½ sdm
  • Bawang putih 2 siung
  • Bawang merah 3 siung
  • Telur satu butir
  • Minyak goreng secukupnya

#2 Cara Membuat

  • Bersihkan dan cuci beberapa bahan seperti ikan, kentang, bawang merah, bawang putih, dan telur sebelum diolah dan dimasak.
  • Kemudian potong bagian kepala dan ekor ikan layang. Rebus dengan air secukupnya kira-kira 3-5 menit dihitung sejak air mendidih.
  • Jika ikan layang sudah matang. Pisahkan bagian tulang dan dagingnya, lalu haluskan. Boleh pakai alat apa saja. Kalau saya pakai cobek dan ulekan karena itu yang tersedia di rumah Yuni.
  • Tahap berikutnya, rebus kentang selama kurang lebih 20 menit. Dan haluskan bersamaan dengan bawang merah dan bawang putih.
  • Campurkan ikan, bawang, dan kentang yang sudah dihaluskan secara merata. Lalu tambahkan Garam.
  • Ambil dua sendok makan adonan bola ikan dan letakkan di tangan. Pipihkan dan isi dengan potongan keju KRAFT Quick Melt. Kemudian bentuk adonan menjadi bulat sehingga keju tak lagi terlihat.
  • Ketika semua adonan telah dibentuk. Cairkan terigu dengan air secukupnya. Jangan terlalu kental, juga jangan terlalu encer. Kocok telur, dan siapkan tepung roti. Letakkan ketiganya dalam wadah terpisah, ya.
  • Proses terakhir. Celupkan bola-bola ikan keju ke dalam terigu cair dan telur secara bergantian. Kemudian, baluri dengan tepung roti.
  • Goreng bola-bola ikan keju dalam minyak panas sampai warnanya kuning keemasan. Menggorengnya dengan api kecil, ya.
Resep bila ikan keju

Nah, kalau kamu mau mencoba membuat bola ikan keju juga di rumah dengan orang-orang tersayang. Jangan lupa berbagi tugas. Seperti saya dengan Yuni yang juga berbagi tugas. Biar proses memasak jadi lebih mudah dan cepat.

Terus ikannya tidak harus memakai ikan layang. Bisa pakai ikan kembung, tongkol, atau tuna. Pakai udang rasanya juga bisa. Pokoknya, silahkan kamu kreasikan sesuai ketersediaan bahan yang kamu punya.

Serunya Masak Bareng Sahabat di Akhir Pekan

Sebelumnya, saya dan Yuni jarang masak bareng. Kalaupun masak, paling-paling merebus mie instant. Karena itu, rasanya sangat menyenangkan ketika kami membuat bola ikan keju bersama.

Kami pun merasakan sendiri. Memasak bisa menjadi aktifitas untuk self-healing akibat stres, kelelahan, atau bosan. Selain karena menyenangkan. Kami jadi bisa mengurangi interaksi dengan dunia maya meski hanya sejenak.

Sungguh akhir pekan yang seru. Memasak bola ikan keju bersama sahabat. Kejunya tentu pakai KRAFT Quick Melt. Yaitu keju cheddar yang diformulasikan secara khusus sehingga cepat meleleh hanya dalam 3 menit.

Karenanya, KRAFT Quick Melt bakalan cocok dikreasikan dengan berbagai makanan yang ada di rumah. Teksturnya yang sempurna dan rasanya yang gurih bakalan menyulap segala jenis makanan sederhana menjadi lebih mewah dan nikmat.

Mulai sekarang, urusan mengkreasikan makanan. Pakai KRAFT Quick Melt saja, ya!

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.