Cara membaca buku di iPusnas

Panduan Lengkap Cara Membaca Buku di iPusnas

Cara membaca buku di iPusnas sebenarnya tidak sulit. Layaknya aplikasi lain, iPusnas bisa dipelajari dengan mudah secara mandiri. Tapi beberapa orang sepertinya tetap lebih suka mencari informasi terlebih dahulu via google. Sebelum mempelajarinya secara langsung.

Hal ini saya simpulkan berdasarkan riset di Ubbersuggest. Di mana search volume di Google dengan kata kunci ‘cara membaca buku di iPusnas’ adalah 140. Dan apakah kamu salah satunya yang juga mencari?

Baiklah, karena saya sudah lama sekali menggunakan iPusnas. Bahkan sudah bertahun-tahun. Di sini saya akan memberikan panduan lengkapnya untukmu.

Cara Membaca Buku di iPusnas

Sebelum mulai membaca buku di iPusnas. Seperti aplikasi lain pada umumnya. Silahkan install aplikasi iPusnas terlebih dahulu. Aplikasi iPusnas ini bisa diinstal di HP juga di dekstrop atau laptop dan komputer.

Setelah itu, silahkan membuat akun atau mendaftar di iPusnas. Cara simpel untuk mendaftar adalah dengan menautkan langsung iPusnas dengan akun gmail yang kamu punya. Oh ya, saat membuka aplikasi iPusnas pastikan jaringan internetmu stabil.

Jika kamu sudah punya akun. Langkah selanjutnya kamu perlu mempelajari apa saja menu yang ada di aplikasi iPusnas sebelum kamu mulai mencari buku dan membacanya.

Fitur-fitur iPusnas

#1 Menu-Menu pada Aplikasi iPusnas

Total ada 7 menu utama dan beberapa sub menu di iPusnas. Untuk 7 menu utama letaknya ada di bagian paling atas sistem antar muka. Yaitu bagian yang tampil pertama kali ketika aplikasi baru dibuka.

Lalu apa saja 7 menu tersebut? Berikut penjelasan lengkapnya!

1.Profil Pengguna

Menu profil pengguna ikonnya adalah garis 3. Di menu ini kamu bisa mengatur foto profil dan nama. Selain itu, ada beberapa hal yang juga ditampilkan dalam menu ini. Yaitu pengguna lain yang kamu ikuti dan mengikutimu, status keanggotaan, dan catatan pribadi.

Melalui menu ini juga, kamu bisa meminta bantuan jika ada kendala. Serta membaca kebijakan dari iPusnas sendiri. Untuk log out juga ada di menu ini.

2.Kategori Buku

Kategori menu buku ikonnya adalah bentuk buku terbuka. Pada kategori ini akan ditampilkan berbagai judul buku secara acak. Kamu bisa scroll ke bawah untuk melihatjudul-judul buku yang ada.

Jika ingin melihat judul-judul buku perkategori. Kamu cukup klik tulisan ‘Kategori Buku’ yang letaknya juga di bagian atas. Semua kategori di iPusnas sangat lengkap. Meliputi fiksi dan non fiksi. Mulai dari kategori agama, budaya, keuangan, bisnis, pendidikan, sampai pengembangan diri.

3.Kategori ePustaka

Sejauh menggunakan iPusnas. Kategori ePustaka merupakan kategori yang jarang sekali saya akses. Ikonnya berbentuk tumpukan dua buku.

Kategori ini berisi list akun-akun orang ternama. Seperti presiden, wakil presiden, menteri, dan tokoh-tokoh terkenal lainnya. Serta list berbagai buku yang membahas tentang mereka.

Buat kamu yang mencari biografi Presiden Joko Widodo, boleh menjadikan kategori ini sebagai jalan pintas.

4. Ruang Interaksi

Nama kategori ini saya buat sendiri. Karena dari pihak iPusnas sendiri tidak memberikan keterangan yang cukup jelas. Ikon dari kategori ini adalah logo iPusnas.

Di kategori inilah kamu bisa berinterasi dengan pengguna lainnya. Misal dengan merekomendasikan buku yang sudah kamu baca. Memberikan komentar dan like pada postingan pengguna lain. Ya, cara kerjanya layaknya menggunakan sosial media.

5.Rak Buku

Kategori ke-5 adalah kategori Rak Buku. Ikonnya gambar laci atau rak buku. Seperti namanya, kategori ini merupakan tempat menyimpan semua buku yang sedang kamu pinjam.

Maksimal pinjaman buku di iPusnas adalah 5 buku dalam sehari. Buku-buku yang kamu pinjam baru bisa dikembalikan dalam waktu 1×24 jam.

6.Notifikasi

Ikon dari menu notofikasi adalah gambar lonceng. Menu ini akan memberikan umpan balik dari berbagai aktifitas yang kamu lakukan di iPusnas. Misal kamu mengantri buku, maka saat buku sudah tersedia, iPusnas akan memberitahukanmu melalui menu notifikasi ini.

7.Pencarian

Seperti menu ‘pencarian’ lainnya. Ikon dari menu ini adalah gambar lensa. Sebuah menu yang saya bilang sebagai jalan ninja untuk menemukan buku yang kita inginkan.

Pada menu ini, kamu bisa mengetikkan nama penulis buku, kategori buku, kata kunci, juga judul buku secara langsung. Nanti akan muncul berbagai rekomendasi buku yang lebih sesuai dengan harapanmu.

Itulah 7 menu utama di aplikasi iPusnas. Dengan memahami menu-menu yang ada. Kamu nantinya bisa lebih mudah dalam menemukan buku yang cocok untuk kamu baca.

Baca Juga: Berbahasa Indonesia dengan Logis dan Gembira

#2 Tips Mencari dan Membaca Buku di iPusnas

Baiklah, sekarang kamu sudah sampai pada pembahasan utama. Yakni cara membaca buku di iPusnas.

Untuk membaca buku di iPusnas, kamu tentunya perlu meminjam buku terlebih dahulu. Caranya? Cari buku yang kamu inginkan terlebih dahulu. Kamu bisa menemukannya melalui menu Kategori Buku, menu Pencarian, atau menu Beranda dengan scroll semua rekomendasi buku yang ada.

Saran saya, biar cepat dan tidak ribet. Gunakan saja menu Pencarian. Tinggal ketikkan kata kunci dari buku yang kamu inginkan.

Jika kamu sudah menemukan judul buku yang sesuai. Ikuti langkah-langkah berikut!

  1. Klik gambar atau judul buku yang ingin kamu pinjam.
  2. Lalu klik tombol Pinjam yang ada di bawah gambar cover buku. Kamu akan diarahkan pada tombol bertuliskan ‘Popular – Tersedia (angka) Buku’. Tekan saja tombol tersebut.
  3. Konfirmasi pinjaman. Tunggu beberapa saat sampai ada pemberitahuan jika buku yang hendak dipinjam nantinya akan langsung tersimpan tersedia di menu Rak Buku. Tekan tombol Tutup.
  4. Terakhir, kamu bisa langsung membaca buku dengan memencet tombol Pinjam yang sudah berganti menjadi tombol Baca. Atau kamu bisa kembali ke menu Beranda untuk mencari buku yang lain.
  5. Sewaktu-waktu, kamu tinggal menuju menu Rak Buku untuk membaca buku yang sedang kamu pinjam. Tinggal klik cover buku untuk mulai membaca.

Ketika membuka buku, buku digital tentunya ya. Ada 4 sub menu yang bisa kamu gunakan. 2 menu ada dibagian atas dan 2 menu ada di bagian bawah.

2 sub menu di bagian atas adalah menu daftar isi. Satu lagi saya agak kurang paham fungsinya. Ikonnya berbentuk pita. Karena itu saya sering mengabaikannya.

Sedangkan 2 sub menu dibagian bawah adalah tombol kembali ke Rak Buku dan sub menu Pengaturan Tampilan. Ada 3 jenis tampilan buku yang bisa kamu pilih. Antara lain Transisi ke Bawah, Transisi ke Samping, dan Transisi Kertas Curl.

Favorit saya adalah Transisi Kertas Curl. Karena saat berpindah halaman, sensasinya seperti kita membuka buku beneran. Dicoba nanti, ya.

Cara mengembalikan buku di iPusnas

#3 Bagaimana Mengembalikan Buku di iPusnas?

Seperti meminjam buku layaknya di perpustakaan konvensional. Kamu perlu mengembalikan buku jika sudah membacanya. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan.

Pertama, biarkan saja sampai 5 hari lamanya. Dalam rentang waktu tersebut, buku akan dikembalikan secara otomatis.

Cara kedua, kamu perlu menuju ke menu Rak Buku. Pada buku yang hendak kamu kembalikan. Tekan tombol titik 3 lalu pilih sub menu kembalikan buku.

Bagaimana? Mudah bukan membaca buku di iPusnas? Sebenarnya kamu hanya perlu mempelajari setiap menu dan sub menu yang ada.

Semoga tulisan saya ini bisa memberikan informasi awal sebelum kamu mempelajari aplikasi iPusnas secara mandiri.

Baca Juga: Review Buku Filosofi Teras

iPusnas, Perpustakaan Digital Gratis Favorit

Sebelum mengakhiri tulisan, saya mau menyampaikan satu hal. Dari sekian banyak perpustakaan digital gratis yang ada di Play Store. iPusnas adalah favorit saya. Aplikasi ini ada di HP saya bertahun-tahun lamanya.

Memang iPusnas tidak sempurna betul. Ada kekurangan dan kelebihannya. Seperti yang sudah saya tuliskan pada postingan artikel sebelumnya.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan iPusnas

Tapi kesimpulannya, iPusnas tetap recomended untuk kamu miliki, kok. Terutama jika kamu masih punya masalah keuangan untuk berlangganan di toko buku digital seperti Gramedia Digital.

Jadi, yuk segera download iPusnas dan mulailah membaca!

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.