Tribelio Page

Tingkatkan Omset Bisnismu dengan Tribelio WhatsApp Broadcast

Tribelio WhatsApp Broadcast – WhatsApp kini tak hanya sebagai media untuk berkirim pesan, suara, video, dan gambar saja. Sudah banyak yang memanfaatkan WhatsApp untuk bisnis. Bahkan pihak WhatsApp sendiri sampai menghadirkan aplikasi WhatsApp khusus bisnis.

WhatsApp bersifat lebih personal dibanding media sosial lain. Sehingga dimungkinkan, setiap orang akan mengecek akun WhatsAppnya setiap saat.

Setidaknya ada dua hal yang bisa kamu lakukan dengan WhatsApp untuk mendukung bisnis yang kamu punya. Pertama dengan membuat status WhatsApp. Kedua dengan WhatsApp broadcast.

Masalahnya, Membuat status apalagi broadcast WhatsApp tak semudah yang kamu bayangkan. Tak bisa pula kamu lakukan secara sembarangan. Lantas harus gimana?

Ilmu dari Denny Santoso Terkait WhatsApp Broadcast

Sebelum WhatsApp broadcast populer, lebih dulu saya akrab dengan email broadcast. Rasanya, hampir setiap hari ada email broadcast yang saya dapatkan.

Saya merasa tak keberatan sama sekali dengan adanya puluhan email broadcast tersebut. Rasanya tak terlalu mengganggu karena saya jarang membuka email. Paling sehari cuma sekali. Itupun kalau ingat.

Beda dengan WhatsApp. Saya beberapakali mendapatkan WhatsApp broadcast. Tak banyak, bisa dihitung dengan jari. Cuma anehnya, saya merasa tidak nyaman. Selain saya tidak mengenal si pengirim broadcast, terkadang infonya juga tak saya butuhkan.

Saya membayangkan, seandainya saya mendapatkan banyak WhatsApp broadcast setiap hari, dari nomor yang sama pula. Saya pasti akan jengkel sekali. Karena itu saya jadi berpikir. Meski penting, kok rasanya saya sungkan ya untuk melakukan WhatsApp Broadcast.

Soal ini, pemikiran saya akhirnya tercerahkan ketika mengikuti zoom meeting dengan Indscript dan Koh Denny Santoso selaku owner Tribelio. Zoom meeting ini dilakukan dalam rangka penjelasan tentang fitur terbaru dari Tribelio. Yakni Tribelio WhatsApp Broadcast.

Keberadaan WhatsApp broadcast tidaklah untuk menggantikan email broadcast. Keduanya justru saling melengkapi sebagai instrumen dalam digital marketing. Karena itu, cara kerjanya sedikit berbeda.

Untuk WhatsApp broadcast, karena sifatnya memang lebih personal. Maka sebaiknya dilakukan setelah calon pelanggan atau pelanggan melakukan aktifitas. Misal selesai melakukan pemesanan, mengisi form pendaftaran, melakukan pembayaran, dan sebagainya.

Sampai di sini, semoga bisa dipahami ya perbedaan cara kerja email broadcast dan WhatsApp broadcast.

Baca juga: Minimarket Pesantren

Tribelio WhatsApp Broadcast

Tribelio merupakan sebuah situs yang memungkinkanmu untuk membuat landing page dengan mudah. Cocok sekali untuk orang-orang yang tidak terlalu paham soal desain mendesain web. Seperti saya contohnya.

Tribelio ini juga mudah untuk digunakan. Kalau menurut pendapat saya, Tribelio masuk dalam kategori situs atau web yang user friendly. Navigasinya jelas, tampilannya juga tidak bikin pusing.

Saya yakin, dengan Tribelio, semua orang kini bisa punya landing page sendiri. Tanpa harus bisa desain web ataupun membayar jasa web designer yang tentunya tidak murah.

Fitur di Tribelio juga banyak. Ada instan payment, pengaturan eskpedisi yang kamu pakai, sing up form untuk list building kontak calon pembeli, serta laporan traffic untuk melacak kinerja landing page yang kamu buat.

Dan yang terbaru, Tribelio akan segera meluncurkan fitur terbaru. Namanya Tribelio WhatsApp Broadcast. Dengan fitur ini, aktifitas membuat dan mengirim WhatsApp broadcast bisa kamu lakukan dengan lebih cepat dan lebih mudah.

Melalui Tribelio, kamu bisa mengirim WhatsApp broadcast dengan aman dan sopan. Kenapa bisa begitu? Kamu tentu tak akan mengirimkan WhatsApp broadcast ke sembarangan orang. Karena kamu sudah punya data nomor WhatsApp orang-orang yang telah melakukan aktifitas di landing page yang kamu buat.

Untuk menikmati fitur ini, kamu perlu menjadi pengguna Tribelio premium atau berbayar. Minimal kamu mengambil paket Basic yang harganya Rp198 ribu per bulan. Harga ini tentu sangat terjangkau jika melihat manfaatnya.

Kamu tak perlu lagi susah-susah membuat WhatsApp broadcast secara manual ke ratusan nomor. Kamu juga tak perlu repot-repot menggunakan berbagai tools yang justru bikin proses jadi ribet dan banyak makan waktu. Iya kan?

Cara Membuat Tribelio WhatsApp Broadcast

Sebelum membuat WhatsApp Broadcast dengan Tribelio. Kamu mesti paham dulu nih alurnya itu bagaimana. Biar lebih paham kamu boleh perhatikan gamba berikut, ya.

Tribelio WhatsApp Br
Sumber: Tim Tribelio (Didapatkan dari Zoom Meeting dengan Indscript dan Tim Tribelio pada 18 Agustus 2022)

Alur pada gambar di atas, saya dapatkan dari Tim Tribelio langsung. Jadi di situ ada dua jenis panah. Panah yang pertama adalah panah dengan garis lurus. Panah kedua adalah panah dengan garis putus-putus.

Kamu bisa menggunakan salah satunya. Saya pribadi baru mencoba yang alur panah kedua (panah dengan garis putus-putus). Kenapa? Karena saya belum punya produk apapun untuk dijual. Sehingga saya hanya memerlukan satu landing page saja.

Kalau kamu punya produk, sebaiknya kamu mencoba alur yang pertama. Yakni membuat 2 landing page atau lebih. Landing page pertama khusus untuk landing page panjang yang berisi informasi lengkap tentang bisnis yang kamu miliki. Landing page ke dua dan seterusnya untuk promosi yang sifatnya hanya one time offer.

Sudah paham ya? Jadi bikin landing page dulu. Lalu letakkan fitur Sign Up Form di landing page tersebut. Jika ada yang mengisi form tersebut, maka kamu akan mendapat list nomor WhatsApp. Nah nomor-nomor WhatsApp inilah yang nantinya bisa kamu kirimi broadcast. Caranya? Ikuti langkah-langkah berikut.

  • Pertama, pastikan kamu sudah memiliki akun di Tribelio.com serta sudah memiliki list nomor WhatsApp dari orang-orang yang mendaftarkan nomor WhatsApp mereka melalui Sign Up Form yang kamu buat.
  • Buka menu creator account Dashboard kemudian klik menu Broadcast.
  • Klik “Create New Broadcast” atau “Create Now”.
  • Masukkan judul campaign broadcast, lalu klik create.
  • Aktivasi channel broadcast WhatsApp terlebih dulu.
  • Ketika proses aktivasi ini, kamu akan diarahkan ke menu Manage WhatsApp pada setting. Klik Add WhatsApp.
  • Masukkan nama akun dan nomor WhatsApp yang akan kamu gunakan. Klik “Continue”.
  • Setelahnya, sistem akan menampilkan QR Code kurang dari 10 detik. QR Code ini harus kamu scan melalui aplikasi WhatsApp yang terpasang di HPmu. Prosesnya mirip saat kamu membuka WhatsApp web di laptop.
  • Jika kedua device terhubung, akan muncul notifikasi WhatsApp Account Sucsessfully Connected.
  • Selanjutnya kamu tinggal mengikuti langkah-langkah yang tersedia.

Baca juga: IndiHome Mbois

Do and Dont’s Tribelio WhatsApp Broadcast

Tentu kamu tak boleh asal kirim WhatsApp broadcast, ya. Saran saya, terapkanlah ilmu copy writing yang baik. Misal, sapa mereka terlebih dahulu.

Ucapkan terima kasih karena mereka sudah melakukan aktifitas di landing pagemu. Lalu tawari mereka bonus supaya mau menyimpan nomor WhatsAppmu. Tujuannya agar mereka bisa melihat status yang kamu buat nantinya.

Kemudian minta izin untuk mengirimkan broadcast setiap kali ada promo. Sediakan juga tombol unsubscribe, khawatir ada yang tidak berkenan.

Ya, itu cara saya. Kamu boleh bekreasi sesuai kreatifitas yang kamu miliki.

Terus jangan lupa. Perhatikan beberapa hal berikut sebelum kamu membuat WhatsApp broadcast di Tribelio, ya.

Tribelio
Sumber: Ebook Panduan Membuat Tribelio WhatsApp Broadcast

Apakah Tribelio Page Mobile Friendly?

Ini mungkin jadi pertanyaan banyak orang. Ada banyak alasan kenapa orang lebih memilih menggunakan HP daripada laptop. Pertama karena alasan suka. Memang HP lebih simpel penggunaanya. Mudah dibawa ke mana-mana juga.

Kedua karena sibuk. Ada loh orang-orang yang tak sempat jika harus membuka laptop. Karena HP sekarang fungsinya sudah hampir sama dengan laptop. Akhirnya orang tersebut lebih memilih menyelesaikan semua urusan digitalnya dengan HP.

Ketiga karena alasan ekonomi. Ini alasan yang saya miliki, kira-kira alasannya sama tidak dengan kamu? Jujur saja, saat ini saya sedang tidak memiliki laptop. Andalan saya untuk ngeblog, ya juga HP.

Meski Tribelio Page tidak didesain mobile friendly, tapi saya berhasil loh membuat landing page di sana menggunakan HP. Sesuai pengalaman, Tribelio tetap dapat diakses dengan cepat.

Saya juga menerapkan satu trik simpel supaya semua fitur yang ada di Tribelio dapat ditampilkan dengan sempurna. Yaitu, saya mengubah setelan browser yang saya gunakan ke tampilan dekstop terlebih dahulu.

Memang tetap ada kendala yang saya alami. Saya agak kesulitan saat proses editing ketika landing page yang saya buat sudah sepanjang layar HP. Tapi ya itu sudah resiko. Tapi, setidaknya saya sudah berhasil membuat landing page di Tribelio Page. Kekurangannya, bisa sambil lalu saya perbaiki jika dapat pinjaman laptop.

Tribelio Landing Page

Segera Buat Akun di Tribelio, ya!

Seperti kata Koh Denny Santoso. Tribelio diambil dari kata Tribe yang artinya suku. Suku di sini menggambarkan sebuah komunitas.

Jadi, dengan Tribelio kamu tak hanya sebatas bisa membuat landing page. Tapi kamu juga bisa menemukan sebuah komunitas sesama pengguna Tribelio. Selain itu, Tribelio juga punya banyak fitur yang bisa membantu meningkatkan omset penjualan produk atau jasa yang kamu miliki.

Terdekat, akan hadir fitur Tribelio WhatsApp Broadcast. Ke depan, pasti akan lebih banyak lagi fitur-fitur keren lainnya. Karena itu, yuk segera cobain Tribelio!

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.