keseimbangan hormon testosteron

Menjaga Keseimbangan Hormon Testosteron pada Pria dengan Sido Muncul Natural Male Balance!

Baik pria maupun wanita, sama-sama memiliki hormon testosteron. Hanya saja, kadar hormon testosteron pada pria lebih banyak.

Karena itu, penting untuk menjaga keseimbangan hormon testosteron pada pria. Salah satu caranya dengan mengonsumsi suplemen alami. Rekomendasi dari saya adalah Sido Muncul Natural Male Balance

Mari kita bisa lebih lanjut tentang apa itu hormon testosteron, fungsi, dan ciri-ciri jika kadar testosteron rendah. Serta apa kandungan yang terdapat dalam Sido Muncul Natural Male Balance.

Apa itu Hormon Testosteron?

Hormon testosteron merupakan hormon steroid (hormon yang terbuat dari kolesterol) dan merupakan hormon seks utama pada pria. Pada pria, testosteron diproduksi terutama di testis. Pada wanita, diproduksi di ovarium. 

Selisih kadar hormon testosteron antara pria dan wanita sangatlah jauh. Kadar normal hormon testosteron pada pria yakni 300 hingga 1.000 nanogram per desiliter (ng/dL). Sedangkan pada wanita hanya 15 hingga 70 ng/dL. 

Produksi hormon testosteron terus meningkat selama seseorang dalam masa pubertas. Kemudian akan mencapai puncaknya saat usia 20 tahun. Memasuki usia 30 tahun, kadar hormon testosteron akan terus menurun setiap tahunnya sebanyak 1 %. 

Terutama pada pria, hormon testosteron ini punya peranan yang sangat penting. Sebab, tidak hanya berkaitan dengan sistem reproduksi. Tapi juga dapat menyokong kesehatan tubuh secara menyeluruh. 

Baca juga:

Fungsi Hormon Testosteron Tubuh

Meski dikenal sebagai hormon pria dan hormon seks, testosteron punya banyak fungsi bagi tubuh pria. Antara lain adalah:

1. Pertumbuhan Organ Reproduksi

Hormon testosteron memiliki peran krusial dalam pertumbuhan dan perkembangan organ reproduksi pria. Selama masa perkembangan janin, testosteron membantu memicu dan mengatur pembentukan organ-organ reproduksi seperti penis dan testis. 

Pada masa pubertas, hormon testosteron membantu mematangkan fungsi testis dan penis. Lalu pada masa dewasa, hormon ini akan mendukung produksi sperma yang sehat dan fungsi ereksi yang memadai. 

2. Perkembangan Ciri-Ciri Seksual Sekunder

Selama masa pubertas, testosteron diproduksi oleh testis dan merangsang perubahan karakteristik seksual sekunder. 

Contohnya meliputi pertumbuhan rambut halus pada wajah, dada, ketiak, dan area pubis. Termasuk juga pertumbuhan kumis, jenggot, serta rambut halus di berbagai bagian tubuh.

Selain itu, testosteron juga berperan dalam menyebabkan pendalaman suara pada pria dan munculnya jakun. 

3. Membangun Tulang dan Otot

Salah satu fungsi utama testosteron adalah merangsang proses penyerapan kalsium oleh tulang. Kalsium sangat penting untuk menjaga kepadatan dan kekuatan tulang. Sehingga resiko patah tulang dapat dihindari. 

Selain itu, testosteron juga mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan otot. Hormon ini berinteraksi dengan reseptor pada sel-sel otot dan merangsang sintesis protein dalam pembentukan massa otot. 

4. Meningkatkan Dorongan Seksual

Hormon testosteron berperan dalam merangsang sistem saraf pusat. Khususnya di area otak yang mengatur mood dan hasrat seksual. 

Ketika tingkat testosteron dalam tubuh mencapai tingkat yang cukup, hormon ini membantu mengatur neurotransmiter yang terlibat dalam proses keinginan seksual. 

Selain itu, testosteron juga berperan dalam meningkatkan respons tubuh terhadap rangsangan seksual. 

5. Menghasilkan Sel Darah Merah

Testosteron mempengaruhi produksi hormon erythropoietin (EPO) dalam ginjal. Sebuah hormon yang dapat merangsang sumsum tulang untuk memproduksi sel darah merah (eritrosit). 

Dengan kata lain, testosteron membantu meningkatkan produksi EPO, yang kemudian merangsang sumsum tulang untuk menghasilkan lebih banyak sel darah merah.

6. Pembentukan Kebiasaan Khusus

Hormon testosteron tidak secara langsung terlibat dalam pembentukan kebiasaan khusus pada individu. 

Sebagai hormon seksual utama pada pria, testosteron lebih fokus pada pengaturan fungsi-fungsi biologis seperti perkembangan organ reproduksi, ciri-ciri seksual sekunder, dan pengaturan libido. 

Pembentukan kebiasaan khusus, seperti pola makan, olahraga, atau kegiatan sehari-hari, lebih dipengaruhi oleh faktor psikologis, lingkungan, dan kebiasaan yang terbentuk dari waktu ke waktu. 

Meskipun demikian, ada indikasi bahwa kadar testosteron yang rendah dalam tubuh dapat berhubungan dengan perubahan mood dan energi, yang mungkin mempengaruhi motivasi seseorang untuk membentuk atau mempertahankan kebiasaan tertentu. 

Pentingnya Keseimbangan Hormon Testosteron

pentingnya keseimbangan hormon testosteron

Keseimbangan hormon testosteron pada pria sangatlah penting. Alasannya karena hormon ini terlibat dalam berbagai proses biologis. Jika berada dalam kadar berlebih atau kurang, maka bisa menyebabkan gangguan pada berbagai fungsi tubuh. 

Salah satu contohnya, kadar testosteron yang terlalu rendah dapat menyebabkan penurunan libido dan disfungsi ereksi. Sedangkan kadar testosteron yang berlebih dapat mengganggu produksi sperma dan keseimbangan hormonal lainnya yang berkaitan. 

Jika kadar testosteron tidak seimbang, maka tubuh akan menunjukkan beberapa ciri tertentu. Terutama saat kadar testosteron rendah. 

Beberapa ciri-ciri hormon testosteron yang rendah antara lain:

  • Kelelahan dan kurang energi
  • Libido menurun (hasrat seksual berkurang)
  • Massa otot dan kekuatannya menurun
  • Lemak tubuh meningkat
  • Mood swing

Sido Muncul Natural Male Balance

Sido Muncul Natural Male Balance

Salah satu cara alami untuk menjaga keseimbangan hormon testosteron adalah dengan mengonsumsi salah satu produk Sido Muncul Natural, yaitu Male Balance. 

Minuman suplemen alami ini diformulasikan khusus untuk pria yang ingin menjaga kesehatan dan keseimbangan hormon. Sido Muncul Natural Male Balance mengandung bahan-bahan alami seperti:

  • Maca: Membantu meningkatkan produksi dan motilitas sperma, hasrat seksual, stamina dan energi, serta pengelolaan stres. 
  • Ginseng: Mendukung fungsi kekebalan tubuh, stimulan kesehatan seksual pria, memperbaiki masalah disfungsi ereksi, dan melancarkan aliran darah ke penis.
  • Pasak Bumi: meningkatkan libido dan volume serta pergerakan sperma.
  • Jahe dan kencur: Membantu mengatasi nyeri otot dan sendi, rematik, dan melancarkan peredaran darah.

Dengan mengonsumsi Sido Muncul Natural Male Balance secara teratur, pria dapat membantu menjaga keseimbangan hormon testosteron mereka. Pada gilirannya, hal ini nantinya dapat meningkatkan stamina, vitalitas, dan performa sepanjang hari. 

Penutup

Dengan Hormon testosteron punya peranan penting bagi fungsi tubuh. Mulai dari membantu pembentukan organ-organ reproduksi, membangun tulang dan otot, sampai merangsang pertumbuhan sel darah merah. 

Untuk menjaga keseimbangan hormon testosteron, minumlah Sido Muncul Natural Male Balance.Suplemen kesehatan pria yang tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan seksual, tetapi juga bagus untuk kesehatan secara keseluruhan.

Tunggu apalagi, segera dapatkan Sido Muncul Natural Male melalui Sidomunculnatural.com/shop!

Artikel ini cocok untuk teman atau saudaramu? Yuk, bagikan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *