cara menjaga kesehatan sendi

Tips Sederhana: Cara Menjaga Kesehatan Tulang Setiap Hari

Bayangkan kalau tubuh kita tidak punya tulang, sudah pasti tubuh kita tidak akan bisa bergerak. Adanya letoy seperti boneka angin yang biasa dipajang di depan toko-toko yang ada di pinggir jalan besar. Sebenarnya jangankan sampai tidak punya tulang, tulang sakit sedikit saja -misal nyeri sendi- sudah bisa mengganggu aktivitas harian. 

Jadi, siapapun harus aware dengan kesehatan tulang. Dan di artikel kali ini, saya akan membahas tentang cara menjaga kesehatan tulang salah satunya dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin d3 400 iu. Adapun manfaat vitamin d3 400 iu juga akan saya spill di bagian akhir artikel. 

Fungsi Tulang 

Apa fungsi tulang? Yang pasti, tulang atau yang biasa disebut dengan sistem rangka berfungsi untuk menopang tubuh kita. Karena adanya tulang ini, tubuh jadi bisa berdiri tegak.

Selain itu, tulang juga merupakan alat gerak pasif. Kenapa disebut alat gerak pasif? Karena pergerakan tulang dibantu oleh otot. Di sisi lain, tulang adalah tempat menempelnya otot. Jadi, tulang dan otot adalah dua organ yang saling bekerjasama. 

Fungsi tulang yang lainnya yakni melindungi organ-organ dalam yang lunak dan mudah pecah jika terkena benturan keras. Contohnya otak, paru-paru, jantung, juga ginjal.  

Pentingnya Menjaga Kesehatan Tulang Sejak Dini

Semakin bertambahnya usia, maka fungsi tubuh juga akan ikut menurun. Itulah kenapa saat kita tua, otot menyusut, wajah keriput, gigi tanggal, dan rambut beruban.

Tubuh bagian dalam pun turut mengalami penurunan fungsi. Meski tidak terlihat, tapi biasanya akan memberi sinyal-sinyal khusus seperti: lambung rentan terhadap makanan pedas dan asam, tulang dan sendi sering sakit dan nyeri.

Proses penuaan memanglah tidak bisa kita hindari. Namun, banyak yang tidak sadar jika proses penuaan ini sebenarnya bisa kita perlambat dengan pola hidup yang sehat. Sehingga saat kita tua, tubuh tetap sehat walafiat. Meski mungkin tidak sesehat dan sekuat saat masih muda. 

Saat ini yang terjadi justru kebalikannya. Banyak orang yang usia tubuhnya lebih tua dari usia aslinya, sampai-sampai ada istilah remaja jompo. Baru saja usia 30-an, eh sudah mudah sakit-sakitan seperti orang yang usianya 90 tahun. 

Nah, begitu juga yang terjadi dengan tulang. Sejak memasuki usia 30 tahun, kemampuan tulang untuk membentuk sel-sel baru akan terus menurun. Hal ini kemudian menyebabkan kepadatan tulang berkurang sehingga perlahan mengeropos. 

Supaya tulang tetap aktif membentuk sel-sel baru sampai kita tua, sudah pasti kita harus menjaga kepadatannya dengan cara menjaga kesehatan tulang sejak dini. Yakni sejak masa kanak-kanak. 

Cara Menjaga Kesehatan Tulang Setiap Hari

Sebagai perempuan yang telah berusia di atas 30 tahun, saya sadar betul jika saya masuk kategori terlambat dalam menjaga kesehatan tulang. Tapi, bukankah lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali? 

Buat kamu yang sama seperti saya, yuk jangan menyerah. Mari kita jaga kesehatan tulang kita dari sekarang dengan melakukan hal-hal berikut!

1. Rutin Berolahraga

Emang ada hubungannya olahraga dengan kesehatan tulang? Ya ada dong. 

Saat kita berolahraga, otot akan memberikan tekanan pada tulang yang akhirnya merangsang osteoblas. Osteoblas ini merupakan sel yang fungsinya sebagai pembentuk sel-sel tulang baru. Jika osteoblas aktif bekerja, maka kepadatan tulang dapat terus terjaga. 

Olahraga juga dapat memperlancar metabolisme dan peredaran darah. Jika peredaran darah lancar, maka darah bisa mengantarkan kalsium, vitamin C, dan vitamin D ke tulang dengan baik. 

Kalsium, vitamin C, dan vitamin D merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tulang. 

2. Menjaga Berat Badan

Jika tubuh kita berat berlebih, apalagi sampai obesitas, tidaklah baik bagi kesehatan tulang.

Secara alami, tulang itu punya kemampuan untuk meperbarui diri. Caranya dengan membentuk sel-sel baru melalui osteoblas dan menghancurkan sel-sel yang rusak melalui osteoklas (sel penghancur tulang). 

Pada orang obesitas, kinerja osteoklas bisa meningkat sebanyak 3 kali lipat sehingga menyebabkan ketidakseimbangan antara produksi sel-sel tulang baru dengan penghancuran sel-sel yang rusak. Ketidakseimbangan ini dapat mempercepat penurunan kepadatan tulang dan bisa menyebabkan osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Berat badan yang berlebih juga dapat memberikan beban yang berat pada lutut. Akibatnya, tulang rawan di sekitar lutut bisa terkikis secara perlahan. Kalau hal ini terjadi secara terus menerus dapat menimbulkan osteoarthritis (pengapuran tulang). 

Karena itu, dengan menjaga berat badan tetap ideal, artinya kita juga menjaga kesehatan tulang.

3. Mengonsumsi Makanan Sehat

Komposisi tulang 70% terdiri dari kalsium, 20% air, dan sisanya berupa kolagen dan mineral lainnya seperti vitamin. Karena itu jika tubuh kekurangan kalsium, maka kepadatan tulang tidak akan sempurna. 

Tulang sangat membutuhkan vitamin C dan vitamin D meski tidak sebanyak kalsium. Vitamin C memiliki peran dalam produksi kolagen, protein penting dalam jaringan tulang.  Sementara vitamin D bertugas meningkatkan penyerapan kalsium dalam tulang. 

Supaya kebutuhan tulang akan kalsium, vitamin C, dan vitamin D terpenuhi. Kita tentu perlu banyak mengonsumsi makanan sehat yang mengandung ketiganya. Contohnya kacang-kacangan, sayuran, telur, buah, ikan salmon, dan susu.

 4. Membatasi Alkohol dan Rokok

Terlalu banyak mengonsumsi alkohol dan rokok merupakan salah satu faktor resiko osteoporosis. Nikotin yang terkandung dalam rokok bisa mempercepat penghancuran sel tulang. Sementara alkohol itu bersifat toksik yang dapat menghambat proses pembentukan sel-sel tulang baru. 

Sebenarnya bukan hanya untuk tulang saja, sih. Alkohol dan rokok itu tidak baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Karena itu, kurangi konsumsi rokok dan alkohol, ya.  

5. Mengonsumsi Suplemen

Untuk menambah asupan kalsium dan vitamin untuk tubuh, kita bisa mengonsumsi suplemen. Yaitu sebuah produk yang mengandung satu atau lebih mineral, vitamin, serat, asam lemak, dan asam amino. Suplemen ini bisa tersedia dalam bentuk susu, kapsul, pil, dan bubuk.

Untuk suplemen sumber vitamin d, saya merekomendasikan Sido Muncul Natural Vitamin d3 400 iu. 

Sido Muncul Vitamin d3 400 iu 

Sido Muncul Natural Vitamin d3 400 iu adalah suplemen herbal berbentuk kapsul lunak. Komposisi utamanya adalah vitamin d3 400 iu. Maksudnya gimana, nih?

IU atau International Units merupakan satuan dalam mengukur obat-obatan dan vitamin yang mengandung suatu zat tertentu. Jadi, Sido Muncul Natural Vitamin d3 400 iu ini adalah suplemen yang mengandung vitamin d3 sebanyak 400 iu. Gimana sudah paham?

Karena itu, suplemen dari sidomuncul ini bisa kamu konsumsi setiap hari sebagai cara menjaga kesehatan tulang. Seperti yang sudah saya jelaskan, vitamin d3 punya peran penting dalam proses penyerapan kalsium dalam tulang. 

Tidak hanya untuk kesehatan tulang, Sido Muncul Natural Vitamin d3 400 iu juga bisa membantu kita dalam memelihara fungsi imun tubuh.

Kamu bisa membeli Sido Muncul Vitamin d3 400 iu di apotik-apotik terdekat atau melalui situs Official Store Sido Muncul. 

Penutup

Mengingat fungsi tulang begitu penting, lalu di lain sisi kepadatan tulang bisa terus menurun pada usia 30-an, maka menjaga kesehatan tulang sudah menjadi keharusan. 

Cara menjaga kesehatan tulang setiap hari itu mudah. Bisa dengan berolahraga, menjaga berat badan, mengonsumsi makanan sehat, membatasi alkohol dan rokok, serta mengonsumsi suplemen. 

Salah satu suplemen yang bisa kamu konsumsi adalah Sido Muncul Natural Vitamin d3 400 iu.  

Sumber Referensi:

  • https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3256792/agar-tulang-kuat-bukan-hanya-kalsium-yang-dibutuhkan
  • https://www.alodokter.com/peran-kalsium-vitamin-c-dan-vitamin-d-untuk-cegah-osteoporosis-dan-memperkuat-sistem-imun
  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/tulang/merokok-dan-minum-alkohol-tingkatkan-risiko-osteoporosis
  • https://www.sidomunculstore.com/sido-muncul-natural-vitamin-d3-400-iu-soft-capsule-50-kapsul.html
Artikel ini cocok untuk teman atau saudaramu? Yuk, bagikan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *