macam macam pupuk organik cair

3 Macam Pupuk Organik Cair di Bawah 50 Ribu: Temukan di Shopee!

Tidak sempat membuat pupuk organik cair (POC) sendiri di rumah? Tenang saja, kamu bisa kok memakai macam-macam pupuk organik cair siap pakai yang akan saya bagikan dalam artikel ini. 

Semuanya memiliki harga yang sangat terjangkau, di bawah 50 ribu saja. Serta kamu bisa membelinya secara online di Shopee. 

Yup, murah dan mudah didapat bukan? Karena itu, jangan lewatkan artikel ini jika kamu ingin tahu apa saja merk pupuk organik cair yang yang saya maksud!

Kelebihan dan Kekurangan POC Siap Pakai

Sebenarnya cara membuat POC itu sangat mudah, tapi saya paham, mungkin tidak semua orang punya waktu untuk membuatnya. Sebagai solusi, dalam kondisi ini kamu bisa membeli POC siap pakai yang banyak tersedia di pasaran. 

Menggunakan POC siap pakai tentu saja memiliki beberapa kelebihan dan keuntungan. Antara lain: 

  • Lebih praktis
  • Sudah melalui uji lab, sehingga ketahuan apa saja kandungan nutrisinya
  • Penggunaan dosisnya terukur dengan tepat

Sementara untuk kekurangannya adalah dapat meningkatkan biaya atau modal berkebun karena kamu mesti membelinya. Untungnya, saat ini banyak POC yang tersedia dalam kemasan kecil yang harganya di bawah 50 ribu rupiah.

Terlepas dari kelebihan atau kekurangan POC siap pakai di atas, kamu perlu paham, POC buatan sendiri itu juga tidak kalah bagus, kok. Jadi sesekali kamu bisa mencoba membuatnya di rumah biar tidak beli terus-terusan.

Berikut beberapa cara membuat POC: 

Macam-Macam Pupuk Organik Cair

Bagaimana cara mendapatkan POC siap pakai? Kamu bisa membelinya secara online melalui Shopee. 

Saya sudah mencarikan apa saja jenis-jenis pupuk cair yang bisa kamu beli di sana dengan harga di bawah 50 ribu tapi memiliki review yang bagus dari pelanggan. 

Ini dia daftarnya!

1. Infarm

Infarm adalah salah satu brand terbaik di Indonesia yang menyediakan kebutuhan kebun dan taman. Produk yang Infarm jual sangat lengkap dan berkualitas, mulai dari benih, pupuk, pestisida, dan berbagai perlengkapan berkebun. 

Infarm memproduksi 4 jenis POC: POC tanaman buah, POC sayuran daun, POC tanaman cabai, dan POC bunga. Masing-masing sudah mengandung unsur hara makro dan mikro, asam amino, enzim-enzim metabolit, dan hormon (auxin, sitokinin, giberelin).

pupuk organik cair untuk cabe

Tersedia dalam 3 kemasan mulai dari 100 ml, 500 ml, 1 liter, sampai 2 liter. Adapun kemasan yang harganya di bawah 50 ribu adalah kemasan 100 ml, yakni Rp40.000. Namun sering ada diskon besar-besaran sampai 47%. Sehingga untuk yang kemasan 100 ml menjadi Rp20.000 dan yang kemasan 500 ml menjadi Rp40.000. 

Menurut saya ini harganya sangat terjangkau, loh. Sebab dalam 100 ml POC Infarm setelah diencerkan dengan 50 liter air akan mampu menutrisi sekitar 250-an tanaman. Nah untuk kemasan yang lain, monggo kamu hitung sendiri. Hehehe.  

POC Infarm ini termasuk jenis pupuk organik cair yang laris di Shopee. Untuk kemasan 100 ml dan 500 ml sudah terjual lebih dari 10 ribu botol. Kemudian banyak pembeli yang memberikan bintang 5 karena seller ramah serta pengiriman rapi dan cepat. 

Mau cobain POC Infarm? Langsung cus ke Infarm Official Shopee, ya!

2. GDM

POC GDM adalah pupuk organik cair produksi PT. Graha Alam. Terbuat dari bahan-bahan pilihan yang berkualitas, antara lain limbah organik, algae, rumput laut, minyak hewani, dan 7 jenis bakteri yang bagus untuk tanaman. 

jenis pupuk organik cair

Jenis POC GDM ada 6, yakni: POC GDM tanaman pangan, POC GDM buah-buahan, POC GDM perkebunan, POC GDM kelapa sawit, POC GDM tanaman hias, POC GDM lapangan golf. 

Memang POC GDM ini sedikit berbeda dengan POC Infarm. Target market dari POC Infarm lebih ke para hobiis. Sementara POC GDM target marketnya adalah petani atau pebisnis di bidang pertanian.  

Meski begitu, ini tidak menjadi aturan baku. Kamu bisa menggunakan keduanya baik untuk skala rumah tangga atau skala bisnis. Tinggal pertimbangkan saja mana yang nantinya lebih ekonomis.  

Harga jual POC GDM kemasan 1 liter di DGM Official Store Shopee adalah Rp47.500. Lebih murah dibandingkan dengan POC Infarm. Kalau mau yang lebih murah, kamu bisa membeli di seller lain yang menjual POC GDM repacking 100 ml seharga Rp9.000 dan repacking 250 ml seharga Rp14.000. 

Namun secara jumlah, produk POC GDM yang terjual di Shopee masih dalam angka ratusan. Ini bukan berarti buruk, ya. Karena di Shopee, GDM Official Store juga mendapatkan ulasan positif dari pelanggan, bintangnya 4.8. Hanya saja, POC GDM ini pemasarannya memang lebih banyak di offline karena target marketnya adalah petani dan pebisnis. 

Selain itu, PT. Graha Alam Anugerah sudah mendapatkan banyak penghargaan di bidang bisnis, kok. Semua produknya juga sudah bersertifikasi organik LESOS dan mitranya tersebar di seluruh Indonesia. 

Mau cobain POC GDM? Mampir yuk ke GDM Official Store Shopee!

3. Ribost Tanduria

Saat mengetikkan kata kunci pupuk organik cair di menu search Shopee, maka POC Ribost Tanduria menjadi salah satu produk yang direkomendasikan. Setelah saya telusuri langsung via Google, saya akhirnya tahu jika Ribost ini adalah POC produksi Tanduria dengan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). 

jenis jenis POC

Ribost bukan POC biasa, selain baik bagi pertumbuhan tanaman karena mengandung unsur hara makro dan mikro yang lengkap dan bio hormon, juga memiliki kelebihan berikut:

  • Membantu menyuburkan lahan pertanian
  • Melindungi tanaman dari hama dan penyakit
  • Mengandung Lysinibacillus sp BIP 211, bakteri yang bekerja lebih cepat dan kuat
  • Mampu memperbaiki lingkungan dan tanaman dari residu kimia berbahaya
  • Warnanya bening dan tidak berbau (biasanya POC memiliki warna gelap atau keruh) 

Pupuk Ribost dari Tanduria tersedia dalam 5 jenis, antara lain: Ribost sayuran daun, Ribost Turbolizer penumbuh tunas, Ribost Root Master penumbuh akar, Ribost Flower Ranger pelebat bunga, Ribost Fruit Master pelebat buah. 

merk pupuk organik cair

Masing-masing untuk kemasan 1 liter dibandrol dengan harga di atas 100 ribu di Shopee. Jika ada diskon, kamu bisa mendapatkannya dengan harga sekitar 60 ribuan saja. Tapi tenang, ada kok yang kemasan 100 ml dengan harga Rp25.000 per botol dan Rp19.000 saat ada diskon. 

Adapun produk Ribost paling laris adalah Ribost sayuran daun. Untuk kemasan 1 liter sudah terjual hampir 6 ribu botol dan kemasan 100 ml terjual 4 ribu botol. Sementara Tanduria Official Store Shopee memperoleh bintang 4,9 dari pelanggan. 

Mau cobain POC GDM? Langsung cus ke Tanduria Official Store Shopee!

Penutup

Kalau melihat review pelanggan di Shopee dan meneliti keunggulannya, macam-macam pupuk organik cair yang saya jelaskan di atas memiliki formula yang berbeda-beda. Namun semuanya terbuat dari 100% bahan organik dan mengandung unsur hara makro dan mikro yang lengkap yang dibutuhkan oleh tanaman.

Semuanya pasti bagus untuk tanaman dan yang terpenting tersedia dalam banyak kemasan, termasuk kemasan kecil yang harganya di bawah 50 ribu. Tak hanya itu, ulasan dari pelanggan juga positif.

Kalau kamu, kira-kira lebih prefer sama pupuk organik cair yang mana, nih? Jangan lupa, pilih sesuai kebutuhan dan bugdet, ya!

Artikel ini cocok untuk teman atau saudaramu? Yuk, bagikan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *