Cara Mengobati Asam Lambung Naik

Cara Mengobati Asam Lambung Naik tanpa Harus Ketergantungan pada Obat

Cara Mengobati Asam Lambung Naik – Asam lambung, penyakit yang satu ini jangan sekali-kali kamu abaikan. Selain bisa menyerang siapa saja, tak mengenal usia dan jenis kelamin, juga bisa menyebabkan komplikasi jika tak segera diatasi.

Pengobatan tercepat memang dengan mengonsumsi obat generik yang mengandung antasida. Namun obat ini bisa membuat pengonsumsinya ketergantungan.

Tak mau kan seperti itu? Sebenarnya, ada cara lain untuk mengatasi asam lambung tanpa harus bergantung pada obat-obatan. Kamu bisa mencobanya.

Apa Penyebab Asam Lambung?

Dalam dunia medis, penyakit asam lambung dikenal juga dengan sebutan astroesophageal reflux disease (GERD). Penyebabnya adalah naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Secara alami sebenarnya asam lambung dibutuhkan oleh tubuh karena bisa membantu dalam proses pemecahan dan penyerapan makanan serta melindungi lambung dari virus dan bakteri. Rumus kimianya adalah HCl atau asam klorida.

Namun dalam kondisi tak biasa, yakni ketika kinerja otot LES (lower esophageal sphincter) melemah, cairan ini dapat naik ke kerongkongan atau esofagus. Sehingga menyebabkan keluhan di bagian dada seperti terbakar (heartburn).

Otot LES merupakan otot yang dapat terbuka dan tertutup yang berfungsi menurunkan makanan dari kerongkongan ke dalam perut. Ketika kinerjanya menurun, otot LES bisa terus terbuka sehingga asam lambung bisa naik ke kerongkongan.

Penderita penyakit asam lambung biasanya akan mengeluh nyeri pada bagian dada atau ulu hati yang terasa terbakar. Gejala ini biasanya disertai dengan rasa mual, muntah, sering bersendawa, mulut terasa asam, dan sesak napas.

Penyakit ini dikategorikan ringan jika gejalanya muncul 1-2 kali dalam sebulan. Masuk kategori berat apabila gejala muncul antara 1 atau 2 kali dalam seminggu.

Baca juga: Cara menghitung berat badan

Cara Mengobati Asam Lambung Naik

Dalam kondisi ringan, penyakit asam lambung bisa diatasi tanpa perlu minum obat. Caranya dengan melakukan beberapa pencegahan yang jika kamu lakukan terus menerus dapat membuatnya tak kambuh lagi.

Berikut beberapa cara mengobati asam lambung tanpa perlu minum obat yang bisa kamu lakukan di rumah.

Cara mengobati asam lambung naik

1. Konsumsi Makanan Kaya Serat

Makanan tinggi serat sangat bagus untuk kesehatan sistem pencernaan. Selain dapat melancarkan BAB, serat juga dapat membantu menyerap asam lambung yang berlebih. Contoh makanan tinggi serat adalah sayuran hijau dan dari golongan karbohidrat ada oatmeal.

Baca juga: Koperasi Pondok Pesantren

2. Hindari Makanan dan Minuman Pemicu Asam Lambung

Ada beberapa jenis makanan penyebab asam lambung naik. Makanan-makanan tersebut sebisa mungkin harus kamu hindari. Seperti makanan pedas, makanan berminyak, makanan hasil fermentasi, dan alkohol.

Makanan dan minuman ini tak hanya memicu naiknya kadar asam lambung, namun juga dapat mengiritasi lambung dan kerongkongan. Sehingga gejala yang timbul bisa lebih parah.

3. Tidur dengan Posisi yang Tepat

Saat gejala asam lambung naik mulai terasa. Maka saat tidur hendaknya kamu menggunakan bantal dengan ketinggian sekitar 6 inci. Jika ingin tidur dengan posisi miring, ambillah posisi miring ke kiri. Hal ini dapat membantu asam lambung tidak naik ke kekerongkongan.

4. Jangan Mengenakan Pakaian Ketat

Selain tidur dengan posisi yang tepat, ketika gejala asam lambung naik kamu juga perlu menghindari pakain yang ketat. Pakaian seperti ini ternyata dapat menambah tekanan di bagian bawah perut. Hal ini dapat memperarah naiknya asam lambung.

5. Hindari Rokok

Rokok sudah jelas tidak baik bagi kesehatan. Maka baiknya kamu hindari meski sedang tidak sakit. Nah, pada kasus penyakit asam lambung, rokok juga harus dihindari. Sebab rokok dapat menurunkan efektivitas kinerja otot LES yang menjaga asam lambung.

Baca juga: Seribu Langgar Rumah

6. Mengatur Porsi Makan dan Mengunyah Makanan secara Perlahan

Penyebab asam lambung lainnya adalah makan dalam porsi yang besar sekaligus. Kebiasaan makan dengan porsi terlalu besar ini dapat memperbesar renggangang pada otot lambung.

Akibatnya bukan cuma menimbulkan rasa kembung tapi juga dapat menekan otot LES. Makanlah secara teratur dengan prosi wajar dan jangan lupa kunyah makanan secara perlahan sampai lembut untuk meringankan kinerja lambung.

7. Hindari Berbaring atau Tidur setelah Makan

Berbaring atau tidur setelah makan merupakan pantangan bagi kamu yang menderita penyakit asam lambung. Hal ini dapat meningkatkan resiko terjadinya asam lambung.

Dengan berbaring, artinya tubuh kehilangan manfaat gravitasi yang dapat menjaga cairan asam klorida dalam perut. Sehingga asam lambung bisa masuk ke dalam kerongkongan melalui otot LES.

Makan larut malam sebelum tidur juga perlu dihindari. Minimal, makanlah 3 jam sebelum kamu tidur. Upaya ini dilakukan agar perus kosong menjelang tidur sehingga lambung bisa beristirahat.

Itulah pemaparan tentang penyebab asam lambung dan cara mengobati asam lambung yang naik.

Namun sebelumnya harus kamu ingat. Cara ini lebih cocok dilakukan oleh penderita penyakit lambung dengan gejala ringan.

Apabila gejala yang timbul berat dan terlalu sering, maka kamu harus pergi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Spread the love

2 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.