bootcamp digital marketing bersertifikat

Langsung Kerja! Ini Dia Rekomendasi Bootcamp Digital Marketing Bersertifikat

Punya impian karir sebagai digital marketer? Jangan mundur, ini adalah pilihan profesi yang peluangnya bagus dan masa depannya cerah. Beneran.  

Oke, kamu boleh tidak percaya sama saya, tapi kamu harus percaya pada orang-orang ternama berikut. 

Melalui keterangan yang saya baca dari bisnis.tempo.co, Anwar Sanusi selaku Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan menyatakan, jika permintaan pekerjaan yang dekat dengan pemanfaatan digital akan meningkat. Salah satunya ya digital marketing. 

Mari lengkapi pernyataan tersebut dengan data yang saya dapatkan dari finance.detik.com. Pada Juli tahun 2023, berdasarkan hasil riset terhadap situs-situs lowongan kerja, ada 21.120 lowongan untuk digital marketing.

Sayangnya nih, menurut Dian Martin, Ketua Umum Asosiasi Digital Marketing Indonesia, kebutuhan akan tenaga kerja digital marketing tersebut belum bisa terpenuhi. Artinya jumlah SDMnya masih belum bisa menutupi permintaan yang ada. 

Di sisi lain, ini jadi tanda, jika kesempatan  berkarir di bidang digital marketing itu masih terbuka lebar. Jadi, jangan ragu untuk memulainya dari sekarang. 

Supaya kamu punya skill dan pengetahuan yang mumpuni, saya ada rekomendasi Bootcamp Digital Marketing dengan Jaminan Kerja yang bisa kamu ikuti. Dan bersertifikat juga loh!

Apa Itu Bootcamp Digital Marketing? 

Bootcamp sendiri merupakan sebuah program pelatihan intensif untuk meningkatkan keterampilan di bidang tertentu. Karena itu, kurikulum dan materi bootcamp akan disusun secara khusus dan mendalam. Supaya lulusannya memiliki kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. 

Secara waktu, pelaksanaan bootcamp biasanya sampai berbulan-bulan. Misal 3 bulan atau lebih. 

Dari pengertian tersebut, maka bootcamp digital marketing adalah program pelatihan digital marketing secara intensif. 

Rekomendasi Bootcamp Digital Marketing Bersertifikat dengan Jaminan Kerja

Adakah bootcamp digital marketing bersertifikat dengan jaminan kerja? Ada dong, yakni di QuBisa. 

QuBisa adalah salah satu platform pembelajaran dan pendidikan terpercaya di Indonesia. Selain bootcamp, QuBisa juga menyediakan ratusan webinar, kursus, dan microlearning di berbagai bidang. 

Namun, sesuai dengan tujuan awal, tulisan saya kali ini hanya akan fokus membahas kelas bootcamp digital marketing bersertifikat dengan jaminan kerja dari QuBisa. Adapun materi pembelajaran yang akan kamu dapatkan adalah:

bootcamp digital marketing dengan jaminan kerja
  • Introduction to digital marketing
  • Social media marketing
  • Introduction to SEO
  • SEO Off Page
  • SEO On Page
  • Introduction to SEM (Google Ads)
  • Paid Ads Analytics & Demo
  • Career in digital marketing introduction
  • Content planning
  • SEO project presentation
  • Google Ads & Google Display Networks
  • Google Ads Project Presentation & Final Exam

Keuntungan Mengikuti Bootcamp Digital Marketing di QuBisa

Ra usah bingung, kata orang Jawa. Pokoknya, kalau kamu ingin mendalami dunia digital marketing, belajarnya di QuBisa saja. 

Kenapa harus di QuBisa? Selain terpercaya, berikut beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan jika mengikuti pelatihan digital marketing melalui kelas bootcamp QuBisa. 

kursus digital marketing ada jaminan kerja

1. Belajar dengan Ekspert

Salah satu keuntungan mengikuti pelatihan digital marketing di QuBisa adalah, kamu akan belajar dengan ekspert.

Instruktur dan mentor program ini merupakan praktisi digital marketing yang bekerja di perusahaan besar. Karena itu, ilmu digital marketing yang akan kamu dapatkan sudah pasti bukan kaleng-kaleng. 

2. Bisa Menunjang Portofolio

Di kelas digital marketing accelerated bootcamp dari QuBisa, kamu tidak hanya belajar materi saja. Nantinya akan ada tugas atau project yang harus kamu kerjakan.

Hal ini tentu bisa jadi tabungan portofolio yang bisa mendukung kredibilitasmu sebagai seorang digital marketer. Dengan adanya portofolio, kesempatan untuk dapat kerja juga lebih tinggi. 

3. Ada Sesi Career Mentoring

Kamu pemula di dunia digital marketing? Tidak usah kawatir, QuBisa telah merancang kurikulum yang ramah pemula. Kamu pasti bisa memahami semua materi yang ada dengan mudah. 

Selain itu, kelas digital marketing accelerated bootcamp dari QuBisa ini juga berlangsung secara interaktif via Zoom. Jadi, kamu bisa bertanya dan berdiskusi dengan para mentor.

Soal karir, nantinya juga akan ada sesi career mentoring berupa diskusi aspirasi karir, pengembangan CV dan portofolio, serta bimbingan menghadapi interview dan asesmen.

4. Bersertifikasi BNSP

Lulusan dari bootcamp digital marketing QuBisa nantinya akan melalui proses sertifikasi digital marketing oleh BNSP, Badan Nasional Sertifikasi Profesi. 

Sertifikasi BNSP berlaku secara nasional karena merupakan sertifikasi resmi dari LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) yang berada di bawah Presiden langsung. 

5. Ada Jaminan Kerja dan Garansi Uang Kembali 100%

Kursus digital marketing ada jaminan kerja? Ya QuBisa. Gimana tuh maksudnya? 

Setelah belajar dan melalui proses sertifikasi BNSP, QuBisa memberikan jaminan kalau kamu bisa mendapatkan pekerjaan dalam waktu 6 bulan. 

Jika hal tersebut tidak terjadi, maka kamu bisa melakukan refund uang pendaftaran 100%. Tentu saja ada syarat dan ketentuan yang berlaku, di antaranya adalah:

  • Peserta bootcamp digital marketing QuBisa wajib menghadiri 80% sesi kelas yang ada dan harus lulus ujian sertifikasi BNSP. 
  • Jika syarat pertama terpenuhi, tapi kamu tetap tidak mendapatkan pekerjaan (fulltime, parttime, magang), kamu dapat mengajukan refund 6 bulan setelah masa belajar. 
  • Refund dana akan dikurangi dengan biaya sertifikasi BNSP, alasannya karena biaya sertifikasi tersebut langsung QuBisa bayarkan pada pihak LSP. 
  • Wajib menyerahkan surat keterangan dari kelurahan setempat bahwa kamu sedang tidak bekerja. 

6. Tersedia Pre and Post Assessment

Kenapa pemula harus berani mengikuti bootcamp siap kerja dari QuBisa ini? Ya, selain karena kurikulumnya yang ramah pemula, tersedia juga pre and post assessment

Adanya asesmen ini dapat membantumu untuk mengetahui seberapa banyak kamu belajar tentang digital marketing. Kamu juga bisa mengukur minat bekerja mau ke arah mana, sehingga pengembangan karirmu lebih terencana. 

7. Belajar Karir dan Karakter

Terakhir, keuntungan mengikuti bootcamp siap kerja di QuBisa adalah kamu bisa dapat tambahan ilmu tentang karir dan karakter. Seperti leadership skill, critical thinking, dan lainnya. 

Dan semua keterampilan tersebut akan sangat berguna saat kamu sudah ada di dunia kerja nantinya. 

Kurang baik apa coba QuBisa ini? Sudah merupakan kursus digital marketing bersertifikat dengan jaminan kerja, masih ada tambahan materi soft skill-nya juga. 

Jadi buruan, ikuti kelas bootcamp digital marketing QuBisa. Untuk jadwal terdekat akan berlangsung pada 19 Februari – 24 April 2024. 

Sementara untuk mentornya merupakan praktisi dan direktur dari perusahaan ternama: Bridgestone, Maybank, Home Credit, Citilink, dan Haltev.

referral bootcamp berhadiah

Oh ya, kamu juga bisa loh mengundang temanmu untuk mengikuti kursus digital marketing ada jaminan kerja dari QuBisa ini. Sebab ada program referral berhadiah saldo Gopay sebesar Rp500.000. Buruan kepoin di sini ya: Referral Daftar Bootcamp Berhadian 500.000.

Alur Pembelajaran Bootcamp Digital Marketing QuBisa

Bagaimana, sudah siap mengikuti kursus digital marketing bersertifikat QuBisa? Kalau iya, sebelum mendaftar, yuk pahami dulu alur pembelajaran di bootcamp ini!

Total ada 6 alur pembelajaran yang akan peserta bootcamp lalui, mulai dari asesmen, sesi belajar, belajar karir dan karakter, mentoring karir, sertifikasi BNSP, dan penyaluran kerja. Berikut penjelasan lengkapnya.

pelatihan digital marketing

1. Asesmen

Ada 3 jenis asesmen atau tes online yang dapat peserta kerjakan dengan cepat, yakni kurang dari 1 jam. Semua tes sudah harus dikerjakan dalam waktu seminggu. Hasil asesmen nantinya akan mendapatkan feedback pada saat sesi mentoring karir.

2. Sesi Belajar

Total ada 12 kali sesi belajar terkait Digital Marketing bersama mentor secara online via Zoom. Jadwal belajar yakni 3 kali seminggu, setiap hari Senin sampai Rabu. 

Adapun materi yang akan peserta pelajari sudah saya sebutkan sebelumnya pada sub bab ke-3 artikel ini: Rekomendasi Bootcamp Digital Marketing Bersertifikat dengan Jaminan Kerja.

3. Belajar Karir dan Karakter

Setelah menyelesaikan keseluruhan sesi belajar, peserta akan mendapatkan akses untuk mengikuti beberapa kursus pengembangan soft skill. Seperti growth mindset, creative and critical thinking, design thinking, emotional intelligence, dan impactful influencing skills. 

4. Mentoring Karir

Sesi mentoring karir terbagi dalam dua sesi, yaitu sesi live dan sesi 1-on-1. Sesi live merupakan mentoring karir yang diikuti oleh semua peserta. Sementara sesi 1-on-1 adalah mentoring karir privat atau perorangan. Setiap peserta memiliki 2 kesempatan mentoring karir 1-on-1.   

5. Sertifikasi BNSP

Jika proses asesmen, sesi belajar, dan mentoring selesai, selanjutnya peserta akan mengikuti tes sertifikasi BNSP dari Lembaga Sertifikasi Profesi. Hasil tes akan keluar dalam kurun waktu maksimal 7 hari. 

6. Penyaluran Kerja

Setelah peserta berhasil lulus tes sertifikasi BNSP, peserta bisa mengikuti seleksi kerja dengan perusahaan-perusahaan rekanan QuBisa. Beberapa perusahaan yang pernah merekrut peserta bootcamp QuBisa antara lain Astra, Hotel Santika, MPM, BPKH, WIR, Haltev IT Learning Center, Doxa Digital Indonesia, ONEGML, Arkadia Works, dan PT. Leong Hup Jayaindo. 

Jika dalam waktu 6 bulan peserta Bootcamp tidak mendapatkan pekerjaan, maka bisa mengajukan refund uang pendaftaran 100%. Tapi ingat, tetap perhatikan syarat dan ketentuan yang ada, ya!

Kelas Bootcamp Lainnya dari QuBisa

Dalam laporan Proyeksi Kebutuhan Tenaga Kerja di Perusahaan Berdasarkan Kompetensi pada Sektor TIK, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyebutkan jika sampai tahun 2030 nanti, Indonesia masih membutuhkan 9 juta talenta digital. Sayangnya, data tersebut tidak dilengkapi dengan penjelasan rinci terkait apa saja talenta digital yang dimaksud. 

Namun, dalam laporan yang sama, saya menemukan fakta yang mengejutkan. Pada tahun 2025 nanti, Indonesia membutuhkan 6.107 tenaga SEO-SEM Specialist. Baik SEO dan SEM sama-sama masuk dalam ranah digital marketing. 

Sementara kebutuhan untuk data analyst jauh lebih banyak lagi, yakni mencapai 51.470 orang. Nah, kalau kamu mau jadi data analyst, kamu bisa mengikuti program Data Analysis Bootcamp di QuBisa. 

Dan kelas Bootcamp di QuBisa bukan cuma tentang digital marketing dan data analyst saja, loh. Ada juga nih program pelatihan karyawan seperti Career Acceleration Bootcamp dan Kompetensi Power Point Terapan di Dunia Kerja. 

Yuk langsung kepoin semua kelas bootcamp QuBisa dengan menginstal aplikasi QuBisa di iOS maupun android

Kesimpulan

Kenapa harus berkarir sebagai digital marketing? Jawabannya sudah jelas, profesi ini masih banyak dibutuhkan. Jadi peluangnya masih terbuka lebar. 

Untuk mempelajari tentang Digital Marketing, kamu bisa mengikuti Bootcamp Digital Marketing dari QuBisa. 

Ada banyak kelebihan yang akan kamu dapatkan nantinya. Seperti belajar dengan ekspert, kurikulum ramah pemula, bersertifikasi BNSP, ada jaminan kerja, praktik, juga sesi mentoring karir. 

Kelas bootcamp yang ada di QuBisa tak hanya cocok untuk pengembangan karir secara mandiri, tapi juga cocok untuk program pelatihan karyawan. 

Maka dari itu, yuk tingkatkan keterampilan soft skill dan hard skill di QuBisa!

Sumbet Referensi:

  • https://qubisa.com
  • https://satudata.kemnaker.go.id/publikasi/69/view
  • https://www.google.com/amp/s/finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6931556/lowongan-digital-marketing-melimpah-di-ri-tapi-sdm-nya-masih-minim/amp
  • https://bisnis.tempo.co/read/1745381/kementerian-ketenagakerjaan-permintaan-pekerja-di-bidang-digital-akan-meningkat
Artikel ini cocok untuk teman atau saudaramu? Yuk, bagikan!

37 comments

  1. Persaingan dunia kerja memnag semakin ketat ya, Mbak. Makanya harus mempersiapkan diri. Termasuk digital marketing. Makanya wjaib ikut bootcam yang tenaga pengajarnya mumpuni, dan pastinya bersertifikat.

  2. Mengikuti kelas di Bootcamp Digital Marketing di Qubisa banyak kelebihannya, karena kurikulum dan materinya akan disusun secara khusus dan mendalam. Akhirnya lulusannya memiliki kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, ya.

  3. Asyik juga ya kalau berprestasi punya kesempatan untuk langsung bekerja di perusahaan rekanan, tentu dengan persyaratan yang telah ditentukan sebelumnya. Ini bagus banget sih, bisa memacu semangat untuk belajar. Terutama bagi mereka yang memang benar-benar lagi nyari kerja. Good job QuBisa. Nice article !!

  4. QuBisa ini program-programnya keren, ya. Siapa coba yang tidak mau ikut bootcamp dengan benefit yang sangat banyak, bahkan jaminan kerja dna bersertifikat BNSP pula. Sangat recommended untuk teman-teman yang tertarik terjun di dunia digital marketing

  5. emang sekarang untuk bersaing didunia kerja kudu rajin upgrade ilmu, sudah pasti kudu ikutan Bootcamp Digital Marketing Bersertifikat supaya bisa belajar banyak dan terpercya untuk bisa dapat kerjaan lebih bagus

  6. wah pas banget mba Lulu saya sedang mencari bootcamp digital marketing yang terpercaya, bisa jadi referensi saya ni mba Luluk, mba saya izin pakai referralnya ya kalau misalkan saya ikutan daftar. APalagi ini ada kesempatan dapat kerja di perusahaan ya kalau misalkan kita berprestasi dan selama proses bootcampnya bagus

  7. wah dijamin langsung dapat kerja ya. menarik banget. Danmateri pembelajarannya juga lengkap dan menarik nih. Pengin ikut, pengin mempedalam ilmu digital marketing juga.

    1. Langsung cuuss ke apps Qubisa ya, kak..
      Aku juga suka nih dengan program-program Bootcamp Qubisa. Karena gak hanya dapat ilmu yang mendalam, tetapi sekaligus sertifikasi yang diakui, sehingga dari segi keilmuan, terjamin kualitasnya.

  8. Digital marketing emang banyak banget dibutuhkan ya. Kalau memang masih belum terpenuhi kebutuhannya, maka benar-benar peluang buat kita. Dan QuBisa adalah tempat belajar yang sudah terpercaya banget. Apalagi kalau pilih ikut bootcamp digital marketing.

  9. Keren banget ya, kak kalau bisa ikutan Bootcamp ini. Selain bisa belajar dari experts, ternyat ada jaminan kerja dan bersertifikasi BNSP. Jadi profesi yang bener-bener diakui nih

  10. Materi bootcamp cakep ini kak. Bisa membantu buat meningkatkan skill sebagai digital marketing sehingga makin berkompeten dalam berkontribusi di perusahaan ya. Cuss bisa langsung join nih bareng Qubisa

  11. Waah sekarang QuBisa uda ada bootcampnya juga yak apalagi untuk digital marketing, mantap bangett huhu.. dulu sempet ikutan public speaking dari QuBisa juga soalnya, jadi ketagihan hihi

  12. Yang aku suka dari Qubisa ini pelatihannya lengkap dan ada jaminan kerjanya. Mantap nih. Belajar digital marketing ke Qubisa aja yuk

  13. lengkap banget ya benefit kalau ikutan bootcampnya QuBisa. Gak hanya dapet ilmu tapi juga bimbingan dan konseling. yang paling ditunggu mungkin poin jaminan kerja ya. wah mantap banget deh

  14. Wah sampai ada jaminan kerja 100% ya plus ada garansi uang kembali pula. Udah gitu juga bergaransi. Fixlah, nggak perlu ragu lagi kalau mau ikut Bootcamp Digital Marketing di Qubisa karena pastinya gak bakal rugi, yang ada malah untung

  15. Memang paling pas nih pilih bootcamp QuBisa buat ngembangin kualitas diri, biar makin mudah cari kerja sekalipun belum ada pengalaman.

  16. Wow, QuBisa beneran memberikan paket lengkap untuk belajar digital marketing! Mulai dari pelatihan dengan para expert, peningkatan portofolio, hingga jaminan karir dan garansi uang kembali. Dengan semua ini, pastinya QuBisa menjadi pilihan yang menarik untuk orang-orang yang pengen serius dalam dunia digital marketing 🚀🎓

  17. Berarti kesempatan untuk berkarir di bidang digital marketing masih terbuka lebar ya.. Penting banget untuk mengetahui bootcamp yang berkualitas, salah satunya ya QuBisa…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *