review susu etawarich

Rahasia Tulang Sehat Sejak Muda: Susu etawarich Jawabannya!

Menjaga kesehatan tulang jangan menunggu tua, tapi harus sejak muda. Kalau bisa, bahkan sejak dini, sejak masih kanak-kanak. 

Kenapa? Karena bagaimana pun, kalau bicara kesehatan, termasuk kesehatan tulang, maka mencegah lebih baik daripada mengobati. 

Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan tulang? Sini, saya kasih tahu rahasianya!

Fungsi Sistem Rangka pada Manusia

Sistem rangka merupakan susunan tulang-tulang yang membentuk tubuh manusia. Karena tulang-tulang inilah, tubuh kita dapat memiliki bentuk dan bisa tegap berdiri. 

Selain membentuk tubuh, tulang juga berfungsi sebagai alat gerak pasif, tempat melekatnya otot, dan pelindung bagi organ-organ dalam seperti otak, jantung, dan paru-paru. 

Bicara soal rangka tulang, maka tidak bisa lepas dari yang namanya sendi. Sebab, sebagian besar sendi yang ada pada tubuh manusia bertugas menopang pergerakan tulang-tulang. 

Tanpa ada sendi yang menyatukan tulang-tulang, lutut mungkin tidak bisa ditekuk, jari-jemari tidak bisa bergerak, leher tidak bisa menoleh, dan kaki tidak bisa berjalan. 

Mengingat betapa pentingnya sistem rangka dan sendi, maka kesehatan keduanya perlu kita jaga. Supaya terhindar dari berbagai penyakit seperti osteoporosis atau pengeroposan tulang dan osteoarthritis atau pengapuran tulang.  

Pentingnya Menjaga Kesehatan Tulang Sejak Muda

Pengapuran tulang

Tahukah kamu? Ternyata, pembentukan massa tulang telah dimulai sejak kita masih di dalam rahim sampai usia kita mencapai 20 tahun. Dan pertumbuhan tulang paling maksimal terjadi pada usia remaja.  

Karena itulah, anak-anak dan remaja biasanya disarankan agar mengonsumsi banyak kalsium dan vitamin D. Langkah ini sebagai upaya untuk memperkuat tulang serta sebagai cara untuk menabung kepadatan tulang sejak dini.

Kenapa sih harus menabung kepadatan tulang segala? 

Tulang merupakan jaringan yang hidup. Artinya, tulang terus memperbarui dirinya sepanjang waktu. Caranya dengan membongkar sel-sel tulang yang lama dan menggantinya dengan sel-sel tulang yang baru.  

Nah, memasuki usia 30 tahun, kemampuan tubuh untuk memproduksi sel-sel tulang baru perlahan mulai menurun. Sementara di sisi lain, pembongkaran sel-sel tulang yang tua terus terjadi. 

Kondisi ini akan memicu turunnya massa tulang karena sel tulang yang dihancurkan jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan sel tulang yang dibentuk. Akibatnya tulang-tulang jadi melemah dan menipis, sehingga kepadatannya pun jadi berkurang. 

Jika berkurangnya kepadatan tulang ini tidak segera diatasi, maka pengeroposan tulang, juga pengapuran tulang akan mudah terjadi saat kita memasuki usia lanjut. 

Terus gimana dong? Laju penurunan kepadatan tulang ini sebenarnya dapat kita perlambat. Caranya yakni dengan menabung kepadatan tulang, artinya kesehatan tulang harus dijaga sejak usia muda.

Cara Menjaga Kesehatan Tulang

Sekarang yuk cek usia kita! Sudahkah usia kita mendekati 30 atau malah lebih? Hmmm…, saya sendiri sih sudah 30 lebih ya. Mau tidak mau, meski termasuk terlambat, menjaga tulang sudah harus menjadi prioritas, nih.

Buat kamu yang lebih muda dari saya. Jangan terlambat seperti saya. Jagalah kesehatan tulangmu mulai sekarang dengan beberapa cara berikut!

  • Olahraga secara rutin
  • Menjaga berat badan ideal
  • Memperbanyak makan sayur
  • Berjemur di pagi hari
  • Mengonsumsi makanan dan minuman yang cukup kalsium

Terkait asupan kalsium, kita bisa mendapatkannya dari sayuran, kacang-kacangan, dan terutama dari susu. Dan saya punya satu rekomendasi susu untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi, yakni susu etawarich

Susu Kambing Etawa etawarich

Biar kamu lebih mengenal manfaat susu etawa etawarich, yuk simak review susu etawarich dari saya berikut ini!

Apa Itu Susu etawarich?

Susu etawarich adalah minuman kesehatan untuk tulang dan sendi yang terbuat dari susu kambing etawa. Kambing etawa sendiri merupakan jenis kambing yang berasal atau didatangkan dari negeri Bollywood, alias India. Ciri khasnya, memiliki hidung dan dahi yang cembung, telinganya terkulai ke bawah karena ukurannya panjang, baik yang jantan maupun yang betina bentuk tanduknya pendek. 

Dibandingkan dengan kambing perah lainnya, kambing etawa lebih adaptif terhadap iklim Indonesia dan mampu menghasilkan susu lebih banyak. Kandungan susu etawa juga komplit dan beragam. Tak hanya kalsium, tapi juga kaya akan vitamin dan mineral lainnya.  

Karena itu, tidak salah jika akhirnya susu kambing etawa digadang-gadang sebagai susu untuk kesehatan, terutama untuk kesehatan tulang dan sendi. 

Kandungan Susu etawarich

Kandungan susu etawa

Susu etawarich terbuat dari 98% susu kambing etawa asli. Dilengkapi juga dengan bahan-bahan terbaik lainnya seperti gamat, daun sirsak, kayu manis, bee pollen, dan gula stevia. 

1. Susu Kambing Etawa

Kandungan susu etawa antara lain kalsium, sodium, fosfor, dan klorin yang bagus untuk proses pencernaan, membantu mencegah osteoporosis, mengatasi nyeri sendi, dan berbagai manfaat lainnya. 

Susu etawa juga merupakan susu yang bagus untuk ibu hamil. Serta menjadi alternatif susu untuk kesehatan yang tidak menyebabkan alergi. 

2. Ekstrak Gamat

Di Indonesia, gamat dikenal juga dengan sebutan teripang. Merupakan salah satu jenis hewan yang habitatnya di dasar laut. 

Ekstrak gamat kaya akan protein, glukosamin, kolagen, dan kondroitin. Karena itu, ekstrak gamat dapat membantu proses pembentukan tulang rawan dan dapat mengobati nyeri sendi. 

3. Daun Sirsak

Daun sirsak merupakan sumber flavonoid, salah satu jenis antioksidan yang baik. Dalam urusan kesehatan tulang, flavonoid dapat mencegah pembentukan asam urat dengan cara  menghambat kinerja enzim xhantine oxidase. 

4. Kayu Manis

Kita mengenal kayu manis sebagai rempah atau bahan pelengkap minuman karena memiliki aroma wangi yang khas. Tak hanya bermanfaat sebagai rempah, kayu manis juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. 

Kayu manis mengandung antioksidan kuat seperti polifenol yang ampuh menangkal radikal bebas. Untuk kesehatan tulang, kayu manis dapat membantu mengatasi rasa sakit akibat rematik, menjaga jaringan pada area persendiaan agar tidak rusak, serta menghambat osteoklastogenesis atau proses pembentukan osteoklas (sel penghancur tulang). 

5. Bee Pollen

Sebelum menghasilkan madu, lebah terlebih dahulu mengumpulkan serbuk sari dan nektar yang biasa disebut bee pollen. Layaknya madu, bee pollen juga mengandung banyak khasiat. 

Di antaranya sebagai sumber flavonoid, glutathione, dan quercetin yang bersifat antioksidan, menjaga kesehatan jantung, memelihara fungsi hati, dan menurunkan LDL atau kolesterol jahat. 

6. Gula Stevia

Stevia rebaudiana adalah tanaman yang berasal dari 3 negara bagian Amerika Serikat. Yaitu New Mexico, Texas, dan Arizona. 

Daun dari tanaman stevia sudah dimanfaatkan sebagai bahan pemanis pengganti gula dengan kandungan nol kalori. Tentu saja, daun stevia jadi pilihan yang lebih sehat dibandingkan gula yang terbuat dari tebu atau aren. 

Khasiat Susu Kambing etawarich

susu etawarich

Setelah pembahasan panjang tentang kandungan susu etawarich, kita tentu dapat membayangkan jika manfaat susu etawa etawarich ini sangatlah banyak. Tak hanya sekedar sebagai susu untuk pengeroposan tulang saja. 

Biar lebih yakin dengan statement ini, saya pun mengunjungi web etawarich.id. Benar saja, khasiat susu kambing etawarich bukan hanya untuk mencegah pengeroposan tulang. Tapi ada juga khasiat lainnya, yakni: 

  • Menjaga kesehatan jantung
  • Mengatasi masalah sistem pernapasan
  • Menjaga kesehatan sel tubuh
  • Mencegah Anemia
  • Memperlancar pencernaan

Jadi, susu etawa etawarich ini, selain susu untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi, sekaligus sebagai susu untuk menjaga kesehatan pencernaan, pernapasan, jantung, dan sel tubuh. 

Bagi ibu hamil, mengonsumsi susu etawarich juga dapat membantu pertumbuhan janin, serta dapat memperlancar ASI. 

Wah, luar biasa kan khasiat susu kambing etawarich ini?

Kalau mau olahraga, boleh workout di rumah saja.

Kelebihan Susu etawarich

Kenapa harus memilih susu etawarich sebagai minuman kesehatan untuk tulang dan sendi? Adakah kelebihannya? 

Susu etawarich adalah susu untuk pengeroposan tulang yang rendah lemak dan rendah gula karena menggunakan gula stevia, 98% susu kambing, 100% produk organik, tanpa bahan pengawet, kandungan kalsiumnya lebih tinggi, nutrisi 3x lebih banyak, serta berkualitas tinggi. 

Lalu, satu kelebihan lainnya yang tak kalah penting, susu etawarich tidak berbau prengus. Apa sih bau prengus itu?

Bau prengus adalah bau khas kambing atau bau yang melekat pada kambing, terutama kambing jantan. Hal ini dikarenakan daging kambing mengandung lapisan asam lemak rantai sedang. 

Kalau kamu pernah mencium bau kambing, selamat, kamu sudah tahu betapa menyengatnya bau prengus kambing. Bagi sebagian orang, bau ini sangatlah mengganggu. Banyak juga dari mereka yang kemudian jadi tidak suka mengonsumsi produk dari kambing, baik dagingnya maupun susunya. 

Namun, karena susu etawarich tidak berbau prengus, kamu bisa meminum susu ini dengan aman dan tenang.

Loh kok bisa susu etawarich tidak berbau prengus? Jawabannya ada pada proses pembuatan Susu etawarich itu sendiri. 

Saat diproduksi, susu etawarich telah melewati 2 proses yang dapat mengurangi bau prengus tersebut. Pertama proses pengeringan, kedua proses penambahan mikronutrien sesuai kebutuhan (fortifikasi). 

Cara Membeli Susu etawarich

Sekarang, jika kamu mencari susu tulang keropos, atau susu nyeri sendi sudah tak perlu bingung lagi. Sudah ada susu etawarich dengan segala kandungan dan khasiat yang sudah saya jelaskan sebelumnya. 

Cara membeli susu etawarich bisa secara online melaui marketplace. Namun, tetap hati-hati, ya. Jangan membeli di sembarangan toko agar terhindar dari barang palsu serta ilegal.

Belilah susu etawarich di distributor resminya, etawarich official store. Klik link berikut untuk pembelian via Tokopedia, etawarich official store Tokopedia

Jika lebih suka belanja lewat Shopee, ini link yang bisa kamu akses, etawarich official store Shopee.

Siapa yang Boleh Mengonsumsi Susu etawarich? 

Mengonsumsi susu etawarich secara rutin bisa menjadi salah satu jalan untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi sejak muda atau sejak dini. Sebab, susu ini aman dikonsumsi oleh semua kalangan usia. Mulai dari anak-anak berusia 2 tahun, remaja, orang dewasa, lansia, juga ibu hamil. 

So, tidak usah ragu lagi. Susu etawarich bisa menjadi susu tulang keropos, juga susu nyeri sendiri untuk keluarga.

Sekian dulu ya review susu etawarich kali ini. Sebagai penutup, sekali lagi saya ingin mengingatkan kita semua untuk menjaga kesehatan tulang. Jangan lupa, konsumsi susu etawarich secara rutin sebagai salah satu upaya untuk melakukannya! 

Artikel ini cocok untuk teman atau saudaramu? Yuk, bagikan!

22 comments

  1. asupan kalsium memang bisa didapat dari berbagai sumber makanan. tapi biasanya sih yang paling banyak ya dari susu. apalagi susu kambing etawa ini, kaya kalisum

  2. Ternyata anak-anak juga boleh ya, bisa juga untuk pengganti susu sapi kalau anak2 alergi. Yang menarik tuh komposisinya, banyak bahan yg bermanfaat sebagai imunitas

  3. Minum susu kambing itu baik ya untuk menjaga kesehatan tulang sejak dini. Soalnya lihat papaku yang sudah tua mulai nyeri sendi jadi takut juga. Nanti pas tua gak bisa produktif lagi karena tidak mencegah dari dulu..

  4. Susu kambing etawa emang banyak manfaatnya cocok untuk anak yang alergi juga.. yang penting sih nggak bau prengus kaya etawarich

  5. Aman ya ternyata buat anak susu etawarich ini dikonsumsi mulai dari 2 tahun. Pas banget buat anak yang suka susu kambing menurutku ini lebih sehat dan kaya akan manfaatnya.

  6. Menjaga kesehatan tulang dan sendi emang penting banget ya kak. Nah sekarang saya juga lagi rutin konsumsi susu etawarich biar kebutuhan kalsium terpenuhi, apalagi kandungan bahannya alami semua, termasuk 98 persen susu kambing etawa asli dan gula stevia yang bikin manisnya pas buat saya yang tidak terlalu suka manis

  7. Baru tahu saya kalau susu kambing itu mirip ASI jadi lebih mudah diterima tubuh ya
    Kandungan susu etawarich banyak juga ya, jadi harus enggak perlu ragu lagi untuk konsumsi etawarich ya

  8. Mumpung masih muda, justru gaboleh abai ya sama kesehatan tulang dan sendi. Salah satu cara menjaga kesehatan tulang dan sendi, selain olahraga, bisa juga dengan minum etawarich ya kak

  9. Bagus nih Luk buat emmok sama bapak. Kapan-kapan nanti kita beliin buat mereka biar gak sakit lagi lututnya.

  10. Dipikir² saya gak pernah merhatiin kesehatan tulang nih Mbak Luk. Padahal harus dijaga ya biar kuat sampai tua. Baiklah, mau mulai perhatian sama tulang kakau gitu.

  11. agak menyesal sih kenapa ga menjaga kesehatan tulang dari muda. sekarang ada keluhan sendi tiap digerakkan jadi mau gak mau harus menjaga kesehatn tulang. Etawarich bisa menjadi solusi masalh saya sepertinya thanks infonya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *