jenis jenis kemasan

Butuh Mesin Packaging? Kenali Dulu Jenisnya Sebelum Membeli

Kamu lagi butuh mesin packaging, tapi tidak tahu harus membeli mesin packaging yang seperti apa? Tenang saja. Pada artikel kali ini, saya akan membahas berbagai jenis mesin packaging yang umum tersedia di pasaran. 

Dengan mengenal jenis-jenis mesin packaging, nantinya kamu akan bisa membeli alat pengemas barang yang tepat, yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu. 

So, langsung saja mari kita mulai pembahasannya!

Jenis-Jenis Kemasan 

Untuk bisa memahami jenis mesin packaging dengan baik, kamu perlu paham dulu tentang jenis-jenis kemasan. Kenapa? Karena antara mesin packaging dengan jenis-jenis kemasan nantinya saling berhubungan. 

Ada 3 jenis kemasan berdasarkan fungsinya, yakni:

1. Kemasan Primer

Kemasan primer adalah kemasan yang berkontak langsung dengan produk. Contohnya nih, kalau kita beli wafer kalengan, maka kemasan plastik yang membungkus wafer namanya kemasan primer. Soalnya kemasan plastik itulah yang bersentuhan langsung dengan wafer.

Kebayang, ya? Selanjutnya saya juga akan menggunakan contoh kemasan wafer kalengan ini untuk menjelaskan jenis kemasan yang lain. Supaya berkesinambungan gitu.

2. Kemasan Sekunder

Kemasan sekunder adalah kemasan yang membungkus kemasan primer dan tidak bersentuhan langsung dengan produk. Kalau pada wafer kalengan, maka kaleng itulah yang disebut kemasan sekunder. 

3. Kemasan Tersier

Terakhir ada kemasan tersier, yakni kemasan terluar yang melapisi kemasan primer dan sekunder. Fungsi utamanya memang sebagai pelindung produk dalam jumlah besar. 

Jika kamu membeli wafer kalengan dengan jumlah puluhan atau lusinan, maka kamu akan mendapatkan lengkap dengan kemasan tersiernya yang berupa karton atau dus. Makanya, orang awam bilang beli kartonan atau dusan.  

Jenis Mesin Packaging

Mesin packaging dapat membantumu untuk mengemas produk dengan cepat, bersih, dan rapi. Sehingga hasilnya, tampilan produkmu jadi lebih menarik dan selalu aman selama proses pendistribusian. 

Tapi sebelum mengenal jenisnya apa saja, saya mau cerita dulu. Saat mencari tahu tentang apa saja jenis mesin pengemas melalui internet, jujur saya bingung. Soalnya jenisnya banyak banget, dan pengkategoriannya berbeda-beda. 

Akhirnya saya dapat pencerahan dari kawanlama.com. Agar tidak bingung, kita bisa kok memahami jenis mesin packaging dengan 4 kategori ini: mesin sealing, mesin wrapping, mesin strapping, dan mesin khusus carton box.  

1. Mesin Sealing

Mesin sealing kalau dalam bahasa Indonesia sebutannya adalah mesin segel. Fungsi dari mesin sealing ini untuk merekatkan kemasan supaya kualitas produk terjaga. 

Artinya, dengan bantuan mesin sealing ini, produk akan tersegel dengan aman. Dan kebanyakan, mesin sealing berhubungan dengan kemasan primer. 

Berikut jenis-jenis mesin sealing!

mesin sealing cup

Cup Sealer

Cup sealer merupakan mesin sealing yang berfungsi menutup bagian atas gelas plastik dengan segel plastik. Sehingga, produk di dalam gelas plastik jadi aman dan tidak akan tumpah. 

Cup sealer banyak digunakan untuk mengemas minuman seperti es teh, es kopi kekinian, boba, dan jus. Tak hanya untuk produk minuman, saya pernah melihat popcorn yang kemasannya juga menggunakan gelas plastik layaknya minuman-minuman tadi.

mesin sealing

Hand Sealer

Kalau saya pribadi familiar banget dengan hand sealer ini, soalnya kakak perempuan saya punya di rumahnya. Saya pun pernah menggunakannya. 

Hand sealer sendiri adalah mesin sealing yang berfungsi untuk merekatkan kemasan yang bahannya plastik atau alumunium foil. Cara kerjanya, ketika hand sealer tersambung ke listrik, maka peranti berupa besi di kedua sisinya akan memanas. 

Nah, besi panas inilah yang nantinya akan mengepres kemasan plastik atau aluminium foil sehingga tertutup rapat. Dan sesuai namanya, pengoperasian hand sealer menggunakan tangan. 

Pedal Sealer

Pedal sealer adalah mesin sealing yang pengoperasiannya harus menggunakan pedal kaki. Kalau secara fungsi sama dengan hand sealer, yakni untuk merekatkan berbagai kemasan plastik dan alumunium foil. 

Hanya saja, alat pengemas yang satu ini ukurannya besar. Serta bisa mengemas lebih banyak dan lebih cepat daripada hand sealer. 

Ya, bisa kita maklumi, sih. Hand sealer cocoknya untuk penggunaan pribadi atau bisnis skala kecil-kecilan memang, misal seperti bisnis repacking. Sementara pedal sealer cocoknya untuk bisnis dengan skala yang lebih besar. 

Continuous Sealer

Kalau kamu butuh mesin sealing yang otomatis, maka kamu bisa memilih continuous sealer. Seperti namanya, mesin sealing ini bisa bekerja otomatis secara terus menerus karena memiliki conveyor atau alat pengangkut. 

Selain bekerja otomatis dan bisa digunakan untuk menyegel kemasan yang panjang dan besar, continous sealer juga bisa mencetak tanggal kadaluarsa pada kemasan. 

Bentuk mesin continuous sealer ada dua, ada yang vertikal dan ada yang horizontal. Yang vertikal biasanya untuk mengemas produk yang bentuknya cair seperti sampo dan minyak goreng. 

Stapler Sealer

Stapler sealer merupakan mesin sealing yang bentuknya mirip staples. Saat saya mencari gambarnya di Google, kebanyakan stapler sealer ini bentuknya mini. Mungkin cocoknya hanya untuk penggunaan pribadi saja. 

Cara kerja stapler sealer mirip dengan hand sealer, sama-sama dioperasikan dengan tangan. Bedanya, hand sealer cukup sekali tekan dalam waktu yang lama. Kalau stapler sealer, setelah ditekan perlu kita gerakkan mengikuti ukuran kemasan.  Ya semacam gerakan menjahit gitu.     

Vacuum Sealer

Vacuum sealer merupakan mesin sealing yang paling berbeda. Mesin sealing yang lain fungsinya hanya untuk merekatkan kemasan supaya produk tersegel dengan aman. 

Kalau vacuum sealer, selain merekatkan kemasan, juga menyedot semua udara dalam kemasan. Dengan begitu, produk akan lebih awet karena bakteri tidak bisa berkembang dengan baik dalam kondisi hampa udara. 

Vacuum sealer hanya bisa kita gunakan untuk kemasan berbahan plastik. Biasanya untuk mengemas produk makanan yang cepat basi: ikan, daging, dan aneka produk frozen food, 

2. Mesin Wrapping

Mesin wrapping merupakan jenis mesin pengemas yang membantu proses pembungkusan produk menggunakan plastik stretch film. Yaitu plastik lentur berwarna bening yang sangat tipis namun tidak mudah robek. Orang Indonesia suka menyebutnya sebagai plastik wrap. 

Plastik stretch film sendiri biasa digunakan sebagai kemasan primer untuk buah dan ikan. Terkadang juga untuk melapisi kemasan tersier –peti dan kardus– dalam jumlah banyak yang hendak dikirim jauh.  

Adapun jenis-jenis mesin wrapping antara lain:

alat pengemas barang

Shrink Wrap

Shrink wrap merupakan alat pengemas yang dapat membuat plastik film menyusut dan mengikuti bentuk produk ketika dipanaskan dengan suhu tertentu. Mesin ini biasanya digunakan untuk mengemas buku, botol, baterai, juga untuk melapisi kemasan karton. 

Saat kita membeli buku baru, maka plastik bening tipis akan melapisi buku tersebut. Nah, itu proses pengemasannya menggunakan mesin shrink wrap. 

Meski mesin wrap identik dengan kemasan plastik film, ada kalanya mesin wrap juga digunakan untuk kemasan plastik yang lebih tebal. Namun, tujuannya sama, yakni membuat kemasan plastik mengikuti bentuk produk. 

Contoh untuk kasus ini adalah produk baterai dan minuman berkarbonasi dalam botol plastik. 

Stretch Wrapping

Cara kerja mesin stretch wrapping adalah dengan menarik plastik film kemudian merekatkannya pada produk.  Secara manual, kamu bisa membayangkan penjual buah saat membungkus buah menggunakan plastik wrap. 

Tipe dari mesin stretch wrapping banyak sekali. Ada yang namanya mesin hand wrapping, wrapping turntable, wrapping arm, wrapping ring, dan wrapping horizontal. 

Untuk skala besar, mesin stretch wrapping biasanya untuk membungkus pallet (kemasan peti), kardus dalam jumlah banyak, dan barang-barang furniture.

3. Mesin Strapping

Dalam bahasa Indonesia, sebutan untuk mesin strapping adalah mesin pengikat tali, alasannya karena fungsi dari mesin ini memang untuk mengikat karton, kardus, peti, atau kemasan kotak lainnya.

Dalam prosesnya, tali yang digunakan bisa berupa tali plastik, bisa juga berupa steel (baja). Kemudian untuk jenis-jenis mesin strapping adalah sebagai berikut!

jenis mesin pengemas

Mesin Strapping Portable

Mesin strapping portable biasanya memiliki bentuk yang kecil serta ringan, jadi mudah untuk kita bawa ke mana-mana. Hanya saja cara penggunaannya masih manual. 

Pertama, kemasan atau produk harus kita ikat dulu dengan tali. Baru kemudian tali tersebut kita tekan dengan mesin strapping portable agar saling menempel dengan kuat. 

Mesin Strapping Semi Otomatis

Mesin strapping yang satu ini cara kerjanya memadukan antara tenaga manusia dan mesin. Pertama, kemasan perlu kita ikat terlebih dahulu, baru kemudian kita letakkan ke mesin supaya ikatan tali jadi lebih kuat. 

Secara hasil, tentu saja lebih cepat dan lebih kuat dibandingkan dengan mesin strapping portable. 

Mesin Strapping Otomatis

Tidak mau ribet-ribet mengikat? Gunakan saja mesin strapping otomatis. Pertama, letakkan kemasan ke mesin, lalu atur tegangannya. Terakhir tekan tombol mulai, maka mesin pun akan bekerja atau mengikat kemasan karton secara otomatis.  

4. Mesin Khusus Carton Box

Jenis mesin packaging yang masuk dalam kategori ini khusus untuk kemasan karton saja, ya. Jenisnya ada dua, yakni:

jenis mesin packaging

Carton Sealer

Carton sealer masuk dalam kategori mesin sealing, cuma khusus karton. Mesin ini gunanya untuk menyegel kemasan karton atau dus. Segel pada kemasan karton ini menandakan jika produk di dalamnya merupakan produk baru.  

Segel pada kemasan karton ini tentu mudah kita temui. Sebab, setiap membeli sebuah produk dalam kemasan karton atau dus besar, kita pasti harus membuka segel plastiknya terlebih dahulu. Itu loh, yang bentuknya panjang seperti lakban pada bagian atas karton. 

Carton Erector

Mesin carton erector merupakan mesin pengemas yang berfungsi untuk melipat kemasan karton sehingga bentuknya menjadi kotak. Sehingga siap untuk kita gunakan atau kita isi dengan berbagai macam produk.

Dengan mesin carton erector, pekerjaan melipat karton pun jadi lebih mudah dan cepat. 

Mau Beli Mesin Packaging? Di Kawan Lama Saja!

Wah, banyak juga ya jenis mesin packaging yang ada di pasaran. Ada mesin khusus sealing, khusus wrapping, juga khusus strapping. Fungsinya pun berbeda-beda.  

Nah, dari semua jenis mesin packaging yang saya sebutkan di atas, mana nih yang kamu perlukan? Oh ya, kamu juga bisa membeli beberapa mesin packaging di kawanlama.com, loh.

Kawanlama.com adalah situs resmi dari PT Kawan Lama Sejahtera. Sebuah perusahaan distribusi terkemuka di Indonesia untuk berbagai peralatan dan mesin industri. Usia dari perusahaan ini sudah lebih dari setengah abad. Jadi, kalau soal pengalaman tidak perlu kamu ragukan lagi. 

Selain itu, menurut saya, Kawan Lama ini juga punya kelebihan dalam sisi pelayanan, antara lain:

  • Punya layanan purna jual
  • Memiliki 19 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia
  • Service centre ada di semua kota-kota besar di Indonesia: Semarang, Jakarta, Padang, Cilegon, Bandung, Bali, Surabaya, Batam, Pekanbaru, Medan, Palembang, Balikpapan, Bontang, Samarinda, Banjarmasin, Lampung, Yogyakarta, Makassar
  • Memiliki tim insinyur penjualan yang handal dan berpengalaman
  • Melengkapi koleksi produk dengan berbagai sparepart dan aksesori yang mesin perlukan

Waktu saya berselancar di situs kawanlama.com, hampir semua mesin packaging yang saya sebutkan di atas tersedia. Yang tidak tersedia hanya cup sealer dan stapler sealer. 

Penutup

Baiklah, saya harap, setelah membaca tulisan saya ini, kamu tidak lagi bingung. Soalnya, kamu sudah tahu apa saja jenis mesin packaging yang ada di pasaran.

Sekarang, silahkan pilih mesin packaging yang sesuai dengan kebutuhanmu. Apakah mesin sealing, mesin wrapping, mesin strapping, atau mesin untuk kemasan karton? 

Sumber Referensi:

  • https://vokasi.kemdikbud.go.id/read/b/polije-berbagi-informasi-3-jenis-kemasan-untuk-produk-yang-menarik
  • https://kawanlama.com 
Artikel ini cocok untuk teman atau saudaramu? Yuk, bagikan!

28 comments

  1. Saya baru paham soal soal kemasan ini, Mbak. padahal sering makan wafer hehehe. Dan ternyata banyak sekali mesin packing ya, Mbak. Dan saya punya yang hand sealer, tapi bisa vakum juga. apa ya namanya. Jadi misalnya saya pernah jualan sempol ayam. selesai dimasukkan diplatik khsusu vakum, lalu divakum. Setelah itu tinggal direkatkan kedua besinya. beres packingnya.

  2. wah mba aku baru tau kalau kemasan itu saja ada 3 jenis ya. Primer, sekunder dan tersier. Udah kayak kebutuhan. Dan jenis mesin packagingnya ada banyak ternyata. Yang sering lihat itu cup sealer sih di penjual2 es itu

  3. Ternyata lumayan beragam juga ya jenis mesin packaging ini.
    Kadang suka bingung juga ini belinya di mana kaya cup sealer gitu. Sekarang jadi tahu ada ada Kawan lama yang bisa jadi referensi andalan buat nyari mesin packaging ini

  4. Jadi kenalan nih soal kemasan dari suatu produk. Mulai dari yang primer, sekunder, maupun tersier. Ada banyak pula alat packaging nih yang bisa menjadi pilihan untuk pelaku usaha dalam menghadirkan produknya secara aman terjamin kepada calon pelanggannya. Baru tahu lho kalau perusahaan Kawan Lama juga turut memasarkan produk mesin packaging.

  5. Harus banget memilih mesin packaging yang tepat. Selain menjadi ciri khas atau branding, juga memberikan ketahanan sebuah produk menjadi lebih awet dan kokoh saat pendistribusian ke berbagai tempat yang mungkin penuh dengan resiko.

  6. Sekarang ini cup sealer banyak dipakai sama pedagang minuman gitu ya, Mbak Luk. Kayak jus buah. Kita kan pernah beli tuh durian kocok pas perjalanan mau ke Malang waktu itu. Kemasannya kan diseal juga ya.

  7. aku taunya hand sealer, ternyata banyak macam sealer juga, kalau straping tau alatnya sih tapi nggak tau namanya, biasanya toko oleh-oleh banyak juga alatnya untuk packaging dan juga handling

  8. Mesin packaging ternyat abanyak jenisnya ya, Kak. Kalau ga pernah tahu, pastinya akan bingung saat akan membelinya, termasuk saya. Setelah membaca artikel ini , saya jadi tahu tentang berbagai jenis mesin packaging ini.

  9. Buat pelaku usaha khususnya mengantarkan barang berupa paket, bagus nih memanfaatkan mesin ini. Jadi lebih praktis dan sat-set-sat-set ya, karena disesuaikan juga sama bentuk paketannya sehingga lebih rapi

  10. banyak juga ya ternyata jenis mesin packing ini, pastinya orang-orang yang mempunyai bisnis dan produknya wajib dipacking, wajib tahu mengenai jenis-jenis packaging ini. kebetulan dulu saya sering audit juga ke bagian manufacturing jadi beberapa jenis packaging tersebut sudah pernah melihatnya jadi ada gambaran

  11. Saya pribadi juga familiar banget dengan hand sealer, Mbak, karena di rumah ada alatnya. Dulu pernah punya usaha cemilan, dan untuk mengemasnya pakai hand sealer itu. Memang jadi lebih praktis dan aman. Makanan jadi lebih awet.

  12. Makin banyak aja ya mesin packaging yang bisa membantu banyak bisnis UMKM di luar sana.. Mau tanya tapi OOT nih kak, biasanya ada nggak ya penyewaan alat atau mesin packaging seperti ini?

  13. Lengkap banget artikel ini, bisa nih jadi referensi kalau ingin buka usaha UMKM, pemilihan produk yang tepat tentu hasil produksinya juga bagus.

  14. whoaaah ternyata ada banyak banget jenis mesin packaging yaaa. saya tahunya sealer yang biasa digunakan dirumah dan di toko juice. kalau hand sealer dan vacuum sealer saya gunakan juga dirumah karena pernah usaha food.

  15. Wah, ternyata ada banyak jenis kemasan dan mesin packaging yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, ya! Jadi gak heran kalau industri packaging selalu berkembang pesat. Dari kemasan primer sampe mesin strapping, semuanya bikin proses pengemasan jadi lebih efisien dan hasilnya lebih aman. Langsung pengen eksplorasi lebih lanjut nih! 📦💼

  16. Banyak juga jenisnya ya, yang aku familiar sih hand sealer soalnya dulu orang tua punya bisnis cemilan ringan yang direkatkan sendiri plastiknya.

  17. Ternyata ada banyak banget jenis dari mesin Sealing ya Kak Aku kira cuma satu aja. Taunya banyak banget hwa, bisa disesuaikan dengan kebutuhan jadinya. Worth it banget kayaknya kalau beli mesin packaging di kawan lama. Service centernya tersedia di beberapa kota di Indonesia. Tjakep

  18. Bisnis UMKM kuliner sudah semestinya memerlukan packaging untuk bisa bersaing dengan kompetitor.. rekomendasi mesin packaging ini bisa jadi pilihan dan pertimbangan

  19. Teknologi mesin packaging ini bagus-bagus dan kreatif. Karena saya anak tehnik, curious aja kalau lihat bagaimana cara kerjanya. Untuk urusan marketing, jadi nilai plus tersendiri mengenai estetika, nilai tambah produk, sampai ke strategi branding.

  20. Ternyata ada banyak jenisnya mesin packaging ya. Baru tahu aku. Ulasannya juga lengkap banget nih, pastinya bisa bantu pemula yang baru jualan online. Jadi kalau punya alatnya, nggak bingung lagi dengan mesin packagingnya.

  21. Untuk usaha skala besar emang butuh banget mesih sealing ini ya kak, untuk memudahkan dan mempercepat proses produksi yaaaaa.. Ternyata mesin sealing banyak juga macemnya ya kak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *