aplikasi streaming film

Panduan Memilih Aplikasi Streaming Film Terbaik Sesuai Kebutuhan

Kini, menonton film tidak harus ke bioskop atau menunggu tayangan film di TV. Sudah ada yang namanya layanan streaming film yang bisa kita akses dari rumah. Nonton berbagai film terbaru pun jadi lebih mudah, cepat, dan bisa sambil selonjoran di atas kasur.

Karena itu, di artikel kali ini, saya akan memberikan tips cara memilih aplikasi streaming film terbaik sesuai preferensi dan kebutuhanmu. Apa saja tipsnya? Yuk simak pembahasannya berikut!

Apa Itu Aplikasi Streaming Film?

Aplikasi streaming film adalah aplikasi yang memungkinkan kamu untuk menonton film secara langsung melalui internet tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu. 

Dengan menggunakan layanan aplikasi streaming film, kamu dapat mengakses berbagai koleksi film yang tersedia dalam berbagai kategori dan genre.

Layanan ini juga bisa kamu akses melalui berbagai perangkat, seperti smartphone, tablet, laptop, dan smart TV. 

Kalau begitu ceritanya, menonton film bisa dari mana saja dan kapan saja berarti, ya? Yap, betul sekali. 

Tips Memilih Aplikasi Streaming Film Terbaik

Layanan aplikasi streaming film itu banyak banget. Supaya kamu bisa mendapatkan yang terbaik, coba lakukan beberapa tips berikut!

1. Tentukan Preferensi Pribadi

Langkah pertama dalam memilih layanan streaming film terbaik yakni dengan menentukan preferensimu. Preferensi ini maksudnya adalah kecenderungan atau pilihan pribadi.  

Untuk mengetahui preferensimu, kamu bisa mengajukan pertanyaan pada diri sendiri, misal:

  • Apakah saya suka film klasik atau film baru?
  • Apakah saya suka genre komedi, horor, romance, atau thriller?

Mengetahui preferensi film itu bisa membantu menyaring opsi aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan diri. 

2. Evaluasi Koleksi Konten

Setelah tahu nih apa preferensi filmmu, selanjutnya adalah mengevaluasi koleksi konten dari setiap aplikasi streaming film. 

Periksa apakah aplikasi tersebut memiliki berbagai macam film sesuai dengan preferensimu atau tidak. Jangan sampai aplikasi tersebut tidak menyediakan film-film yang ingin kamu tonton. 

3. Perhatikan Kualitas Video dan Audio

Kamu pastinya akan merasa puas jika menonton film yang kualitas video dan audionya bagus. Karenanya, pilih layanan streaming film yang menawarkan kualitas video dan audio yang tinggi. 

Misal, untuk video sudah beresolusi tinggi dan ada dukungan HDR atau Dolby Vision. Lalu untuk audio sudah Dolby Atmos atau DTS:X. 

4. Pertimbangkan Biaya Langganan

Sebagian besar aplikasi streaming film menawarkan 2 tipe masa berlangganan, yakni bulanan atau tahunan. Pertimbangkan biaya langganan dari setiap aplikasi dan pastikan sesuai dengan anggaran yang ada.

Beberapa aplikasi juga menawarkan paket langganan dengan fitur tambahan, seperti akses tanpa iklan atau konten eksklusif.

5. Periksa Kompatibilitas Perangkat

Pastikan aplikasi streaming film yang kamu pilih kompatibel dengan perangkat yang kamu miliki, baik itu smartphone, tablet, laptop, atau smart TV. Semakin lengkap, tentunya semakin bagus. 

Periksa juga apakah aplikasi tersebut mendukung berbagai platform, seperti iOS, Android, atau Windows.

6. Tinjau Ulasan Pengguna

Cara tercepat untuk mengetahui sebuah aplikasi streaming film itu bagus atau tidak yakni dengan membaca ulasan pengguna. Dari ulasan pelanggan, kamu bisa mendapatkan review jujur terkait kelebihan dan kekurangan masing-masing aplikasi. 

7. Coba Versi Uji Coba

Beberapa aplikasi streaming film biasanya ada yang menawarkan versi uji coba gratis untuk pengguna baru. Manfaatkan kesempatan ini untuk mencoba fitur-fitur aplikasi tanpa harus membayar. 

Dengan mencoba versi uji coba, kamu dapat menentukan apakah aplikasi tersebut cocok untukmu atau tidak.

Rekomendasi Layanan Video Streaming Terbaik

Soal pilihan layanan video streaming terbaik, saya punya 3 rekomendasi untukmu. Ketiga layanan tersebut tak hanya menawarkan layanan streaming film saja, loh. Namun, juga menawarkan model streaming video lainnya. Seperti tayangan olahraga, TV berbayar, dan drama. 

3 layanan streaming video yang saya maksud adalah: 

1. Vidio

layanan streaming video
Sumber foto: Vidio.com

Vidio merupakan platform atau aplikasi penyedia layanan streaming video di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2014. Layanan dari Video cukup lengkap, mulai dari film, drama, anime, TV berbayar, dokumenter, dan olahraga. 

Beberapa kelebihan video antara lain: 

  • Memproduksi series original dengan berbagai genre dengan tajuk Vidio Original Series.
  • Memiliki pilihan fitur games streaming dan tontonan khushs kids (anak-anak).
  • Bisa ditonton hingga 3 perangkat dan bebas iklan, serta bisa diunduh jika kaku berencana menonton secara offline. 

Soal biaya langganan, kamu tidak perlu khawatir. Ada banyak voucher Vidio yang bisa kamu dapatkan dari Tokopedia, loh!

2. Viu

aplikasi treaming video
Sumber foto: Viu.com

Viu diluncurkan pertama kali di Hongkong pada 26 Oktober 2015. Sementara di Indonesia sendiri, Viu diluncurkan setahun kemudian, tepatnya pada 26 Mei 2016. 

Beberapa layanan streaming video dari Viu adalah:

  • Drama Asia populer
  • Drama Turki
  • Anime
  • Variety show Korea
  • Sinetron Indonesia
  • Berbagai jenis film
  • Viu original (series original produksi Viu)

Supaya bisa menikmati semua layanan dari Viu secara bebas, kamu perlu berlangganan Viu Premium

3. Vision+

layanan streaming film
Sumber foto: Visionplus.id

Vision+ (Vision Plus) adalah layanan streaming video online yang diluncurkan pada 15 Januari 2020. Layanan streaming yang satu ini berada di bawah naungan MNC Group. Sebuah nama yang tak asing lagi bukan? Rasanya hampir semua orang di Indonesia mengenal perusahaan ini karena memiliki banyak stasiun TV swasta. 

Baik, mari kembali membahas soal Vision+. Apa saja yang bisa kamu tonton di aplikasi streaming video yang satu ini? Berikut daftarnya!

  • Original Vision+ 
  • Siaran olahraga langsung
  • Film dan drama dari berbagai negara dan genre
  • Reality show pilihan
  • FTV Indonesia
  • Animasi anak
  • Channel TV nasional

Di Vision+, kamu bisa loh menonton ulang beberapa tayangan live channel hingga 7 hari ke belakang dari beberapa stasiun TV tertentu. Asyik sekali, ya?

Tokopedia, Situs Jual Beli Online Terkemuka di Indonesia

Buat yang suka belanja online, pastinya sudah tidak asing dong dengan Tokopedia. Bisnis startup yang satu ini hadir pertama kali pada 17 Agustus 2009. Wah, usianya sudah 15 tahun ya kurang lebih. Sampai kemudian, pada tahun 2021, Tokopedia bersatu dengan Gojek menjadi GoTo. 

Tokopedia sendiri merupakan salah satu situs jual beli online terbesar di Indonesia. Melalui Tokopedia, kamu bisa belanja kebutuhan sehari-hari mulai dari pakaian, kebutuhan dapur, jajanan, pulsa, dan listrik.Termasuk juga membeli berbagai voucher layanan streaming video online. 

Tak hanya sebagai e-commerce, Tokopedia juga merupakan sebuah marketplace yang memungkinkan semua orang berjualan online tanpa perlu memiliki website sendiri. Sampai saat ini, sudah ada 14 juta lebih penjual terdaftar di Tokopedia. 

Kesimpulan

Melalui tips memilih aplikasi streaming film yang saya berikan di atas, saya harap kamu bisa mendapatkan layanan streaming film atau video lainnya yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhanmu. Sebagai rekomendasi, saya merekomendasikan 3 aplikasi streaming video, yakni Vidio, Viu, dan Vision+.

Untuk tempat membeli voucher dari ketiganya, jangan lupa beli lewat Tokopedia, ya. Akan ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan seperti diskon dan cashback. Selamat menonton!

Artikel ini cocok untuk teman atau saudaramu? Yuk, bagikan!

22 comments

  1. kehadiran TV android juga sangat menguntungkan ya, Mbak. Hadirnya berbagai tontonan menarik. saya sudah pernah langganan Vidio yang satu grup Indosiar dan SCTV. Vision+ juga sering, karena nonton turnamen bulutangkis. enaknya bsia ditonton di TV atau hape.

  2. Sejak ada aplikasi streaming film, saya malas keluar nonton bioskop. selain lebih hemat, juga praktis. Nggak perlu keluar rumah.

  3. Aku juga suka nonton film streaming, hehhee. Ada beberapa aplikasi yang disebut yang sudah saya download, bisa nih beli voucher langganannya di Tokopedia, apalagi kalau ada promo pasti lebih bahagiaaa hehehe

  4. memang banyak sekali sih Aplikasi Streaming Film yang ada. Kudu dipilih yang paling sesuai ama kebutuhan dan film film yang ditayangkan juga sesuai dong ya. Jangan lupa sesuaikan dengan budget juga

  5. Wah, menarik nih aplikasi streaming filmnya. Kebetulan TV di rumah android dan udah bosen juga channel TV yg itu-itu lagi. Filmnya juga ulangan semua. Huf…
    Coba cek toped ah…

  6. selama ini aku pakai aplikasi VIU buat streaming film. Lumayan buat hiburan di kala senggang. Nonton drama Korea favorit jadi lebih mudah. hehehe

  7. Aku sih baru coba Vidio soalnya bisa diakses via laptop (biar puas nontonnya) dan ada yg free juga. Biasanya nonton sinetron lawas seoerti Lupus Milenia, nostalgia gituu jadinya.

  8. Sekarang banyak pilihan aplikasi streaming dan semuanya punya daftar paket tersendiri. Koleksi film dan serialnya juga masing2 hehe..

  9. Aku paling diperhatikan biaya berlangganannya, sama.kualitas audio videonya. Tentunya selain itu koleksi film yang dimiliki. Kalau ga sesuai dengan kesukaanku, ya ga pernah dilihat meskipun langganan.hehe

  10. Banyak sekali aplikasi streaming film yang bisa dipilih ya
    Pastikan memilih sesuai kebutuhan dan beli langgananya di Tokopedia pastinya

  11. Nah iya biaya langganan memang perlu diperhatikan, biar gak merasa berat. Dan disesuaikan juga sih sama paketnya sesuai kebutuhan

  12. Ini yang sering aku lakukan. Selalu beli paket video streaming Vidio di Tokopedia buat nonton siaran sepak bola dunia plus siaran bola lokal. Kalo ga disiarin di televisi, ya bisa nonton di aplikasi. Kalo kelewatan, bisa nonton siaran ulangnya besok/kapan aja selama masa aktif.

    Kerennya lagi, emang banyak cashback nih di Tokopedia. Jd seneng deh belanja paket streaming video on demand di Tokopedia.

  13. Setuju banget Kak, Emang kalau mau milih aplikasi streaming film tuh mesti disortir-sortir dulu. Ada nggak kira-kira judul-judul film atau drama yang pengen kita tonton. Soalnya kalau nggak ada ya percuma juga aplikasinya nggak akan dipakai. Jujur saya pakai viu sama video juga sih biasanya buat nyari drama Korea yang up to date sama series lokal Indonesia yang unik-unik dan seru.

  14. Lhoo tokped juga bisa beli langganan streaming film kek gini yaa? wah baru tahu banget lho, aslii keren banget tokped semua adaaa

  15. Saya pun pengguna setia aplikasi Tokopedia mba dan banyak diskonnya memang tapi saya belum pernah nyobain untuk beli paket streamung filmnya, wah wajib banget cobain

  16. Kalau aplikasi menonton film yang terbaik memang kudu asli. Karena pasti dari segi kualitas gambar hingga subtitle nyaman banget. Apalagi zaman skarang HP dilengkapi dengan grafis yang luar biasa. Jadi perpaduan yang sempurna banget. Mager sambil nonton film. Yeeaayy~

  17. Aku tuh terbantu bangetd eh dengan adanya layanan streaming film legal kayak gini. mau nonton apa juga tinggal nyalain aja TV. bisa ditonton dari hp juga, ah suka sekali dengan kemajuan zaman saat ini.

  18. Makin banyak aplikasi streaming film jadi makin boncos ya harus langganan sana sini hehehe.. kalau aku so far hanya langganan satu saja dan sudah cukup puas dengan jumlah film yang ada di sana 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *