rekomendasi parfum eau de toilette

4 Rekomendasi Parfum Eau de Toilette Terbaik untuk Pria

Parfum yang cocok untuk pria apa? Tentu kembali ke pribadi masing-masing, sih. Tapi, buat pria yang tidak terlalu suka parfum dengan aroma menyengat, bisa menggunakan parfum jenis eau de toilette

Apa itu parfum eau de toilette? Yakni parfum atau cologne yang aromanya ringan, tidak menyengat dan menusuk-nusuk hidung, gitu. Karena itu dapat memberikan kesan segar pada penggunanya. 

Dalam artikel kali ini, saya akan memberikan rekomendasi parfum eau de toilette terbaik untuk pria. Untuk perempuan akan saya bahas di lain waktu jika ada kesempatan. Ok!  

Perbedaan Eau de Parfum dan Eau de Toilette

Wait, sabar! Mari perjelas dulu pemahaman kita tentang Eau de Toilette (EDT)! Kenapa parfum EDT ini punya aroma yang ringan atau tidak terlalu menyengat? Jawabannya karena EDT adalah jenis parfum yang jumlah alkoholnya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah minyaknya. 

Konsentrasi minyak pada parfum EDT itu hanya berkisar 5-15% saja. Sisanya sebanyak 85%-95% berupa alkohol. Karena itu, aroma parfum EDT hanya bisa bertahan antara 2-3 jam saja. 

Meski begitu, ternyata parfum EDT merupakan parfum yang paling diminati. Soalnya harganya lebih terjangkau dibandingkan jenis parfum lainnya. 

Jenis parfum lain ini salah satunya adalah eau de parfum atau EDP. Apa itu EDP? EDP adalah jenis parfum yang lebih harum dari parfum EDT karena konsentrasi minyaknya mencapai 15-20%. Aromanya bisa bertahan selama 4-5 jam. 

Perbedaan eau de parfum dan eau de toilette yang lain adalah:

  • Kemasan parfum EDP seringkali menggunakan botol sumbat, bukan botol semprotan. Sebab konsistensinya cenderung berminyak dan kental. Sementara parfum EDT biasanya dikemas dengan botol semprotan atau botol spray karena konsistensinya yang lebih encer. 
  • Cara memakai parfum EDP cukup dioleskan sedikit ke bagian-bagian titik nadi, seperti pergelangan tangan dan leher. Sementara parfum EDT bisa kamu semprotkan ke seluruh bagian badan. 

4 Parfum Eau De Toilette untuk Pria

Hayo mau pakai yang mana? Parfum EDT apa EDP nih jadinya? Ya udah lah ya, buat kamu yang tidak suka bau menyengat, pakai saja parfum eau de toilette. 

Nah, berikut adalah 5 rekomendasi parfum eau de toilette terbaik untuk pria dari Kahf. Kahf adalah brand lokal Indonesia yang memproduksi berbagai produk perawatan diri yang halal dan natural khusus pria. 

1. Kahf True Brotherhood

parfum terbaik untuk pria

Produk parfum EDT pertama dari Kahf yang akan saya rekomendasikan adalah Kahf True Brotherhood. 

Top notes dari parfum ini adalah perpaduan kayu manis, jeruk, dan lemon. Kemudian middle notes-nya berupa tembakau, cemara, dan lavender. Terakhir, bottom notes-nya yakni kacang tonka, kayu cedar, dan dupa.

Eh masih belum paham tentang top notes, middle notes, dan bottom notes? Gini, ketiga istilah ini digunakan dalam dunia perparfuman untuk menggambarkan hal-hal berikut:

  • Top notes adalah aroma yang keluar pertama kali saat parfum digunakan atau disemprotkan. Biasanya bertahan selama 10-30 menit.
  • Setelah aroma top notes dari parfum hilang, akan muncul aroma middle notes di mana aromanya lebih mendalam dan kompleks dan bisa bertahan dalam hitungan jam. 
  • Sedangkan bottom notes atau base note adalah aroma yang akan muncul di paling akhir yang membuat aroma parfum lebih stabil dan tahan lama.

Bisa ber-layer gitu ya aromanya? Makanya, meracik parfum itu tidak mudah. Mari berikan apresiasi setinggi-tingginya untuk mereka yang mampu meracik parfum. Termasuk untuk Kahf juga tentunya. 

2. Kahf Humbling Forest

parfum eau de toilette untuk pria

Parfum EDT selanjutnya adalah Kahf True Brotherhood. Tema wewangian dari parfum ini adalah aroma hutan. 

Tops note atau aroma pembukanya yakni: cemara, rosemary, dan jeruk bali. Middle notes atau aroma intinya adalah: cedar wood, kayu guaiac, dan melati. Untuk bottom notes atau aroma dasarnya berupa: nilam, kayu cendana, dan musk. 

Baca juga: Dokter Kecantikan Pria

3. Kahf Invigorating Waterfall

parfum eau de toilette dari kahf

Rekomendasi parfum eau de toilette yang ketiga ada Kahf True Brotherhood. Aroma wewangiannya merupakan perpaduan antara aroma aquatic dan bunga yang memberikan nuansa kesegaran air terjun. 

Untuk layer aromanya, bisa kamu baca di list berikut:

  • Top notes: watery, laut, lemon
  • Middle notes: kayu cedar, transparent floral, violet
  • Bottom Notes: amber kering, nilam, akar wangi, musk

4. Kahf Revered Oud

parfum untuk pria

Parfum EDT Kahf yang terakhir adalah Kahf Revered Oud. Parfum ini mengusung tema warisan tradisi dan budaya dunia karena memiliki aroma oud yang begitu lekat. 

Emang apa hubungannya oud sama tradisi budaya dunia? 

Dalam bahasa Arab, oud berarti kayu. Sedangkan di Indonesia oud dikenal sebagai kayu gaharu. Selama ribuan tahun, oud telah digunakan dalam pembuatan parfum tradisional dan dupa. 

Karena itu, salah aroma dari Kahf Revered Oud ini berupa gaharu. Selengkapnya, inilah aroma wewangian dari  Kahf Revered Oud!

  • Tip notes: mawar, lemon, fruity
  • Middle notes: amber, gourmand
  • Bottom notes: vanila, musk, gaharu

Keunikan Parfum EDT Kahf

rekomendasi parfum untuk pria

Setelah saya perhatikan, parfum EDT dari Kahf ini punya ciri khas yang unik. Ciri khas ini yang kemudian membuat Kahf berbeda dan mudah untuk saya ingat. 

Pertama, kemasan Kahf berupa botol pipih dengan warna gelap yang cantik. Ada armadillo, gunmetal black, black olive, dan metallic blue. (Nama warna saya cocokkan menggunakan aplikasi pembaca warna, hehehe). 

Kedua, semua varian parfum tersedia dalam kemasan 35 ml dengan harga Rp77.000 (harga diskon Rp69.300)

Ketiga, meski parfum EDT dikenal sebagai parfum yang biasanya hanya bertahan dalam waktu 2-3 jam. Tapi parfum EDT Kahf bisa bertahan sampai 12 jam, loh. 

Wah, makin yakin untuk memakai parfum dari Kahf, kan?

Penutup

Parfum eau de toilette (EDT) merupakan parfum yang wanginya lebih ringan dibandingkan dengan eau de parfum (EDP). Konsentrasi minyak pada EDT berkisar antara 5-15% saja. Sedangkan EDP mencapai 15-20%. 

Parfum EDT cocok untuk orang-orang yang lebih suka aroma ringan yang tidak menyengat. Rekomendasi parfum eau de toilette untuk pria bisa menggunakan parfum EDT dari Kahf.

Sebuah brand lokal untuk perawatan diri yang halal dan natural khusus pria. Mari dukung dan cintai produk dalam negeri. Sepakat? 

Artikel ini cocok untuk teman atau saudaramu? Yuk, bagikan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *